Hari Kesatuan Gerak Ke-52 PKK
Hari Kesatuan Gerak Ke-52 PKK di Jembrana, Tamba-Ipat ikuti Lomba Sambung Lagu. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Puncak Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) Ke-52 PKK di wilayah Kabupaten Jembrana berlangsung meriah. Dengan mengusung tema “Bergerak Bersama PKK, Mewujudkan Keluarga Sejahtera Menuju Indonesia maju”, acara tersebut diisi dengan berbagai kegiatan menarik, salah satunya adalah lomba sambung lagu yang diikuti oleh para pejabat Pemkab Jembrana dan instansi terkait.

Acara yang digelar di Mendopo Kesari, Kelurahan Banjar Tengah, Jembrana ini semakin semarak dengan kehadiran Bupati Jembrana, I Nengah Tamba dan Wakil Bupati Jembrana, I.G.N Patriana Krisna (Ipat).  Kedua pemimpin daerah tersebut tidak hanya sekedar hadir, namun turut serta meramaikan lomba sambung lagu. Penampilan mereka sukses menghibur dan menambah semangat para peserta lainnya.

Bupati Jembrana, I Nengah Tamba menyampaikan apresiasi kepada TP PKK Kabupaten Jembrana atas kerja keras dan dedikasi untuk membantu melancarkan program-program Pemerintah Daerah.

Hal itu dikatakannya saat memberikan sambutan pada Puncak Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) Ke-52 PKK tingkat Kabupaten Jembrana tahun 2024, Selasa (11/6/2024).

Baca Juga :  Bupati Tamba Hadiri Apel Peringatan HUT Ke-78 Bhayangkara

Menurutnya, salah satu program strategis Pemkab Jembrana saat ini yang juga sejalan dengan Program Nasional yaitu Penurunan Angka Kemiskinan Ekstrem serta Penurunan Angka Stunting. Ia berpendapat, TP PKK Jembrana di bawah komando Ketua TP PKK Jembrana, Ny. Chandrawati Tamba sangat proaktif hingga turun ke desa-desa demi menyukseskan program tersebut.

“Saya sangat mengapresiasi kerja keras dan dedikasi Tim Penggerak TP PKK Jembrana yang telah menunjukkan komitmen luar biasa dalam mendukung program-program pemerintah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujarnya.

Bupati asal desa Kaliakah itu menambahkan, bahwa kegiatan seperti ini bukan hanya sebagai ajang untuk bersenang-senang, tetapi juga sebagai sarana mempererat rasa kekeluargaan dan kerjasama serta berbagi kebahagiaan.

“Lomba sambung lagu ini adalah contoh kecil dari bagaimana kita bisa bekerja sama dan saling mendukung untuk kemajuan Jembrana,” tambahnya.

Dengan semangat kebersamaan ini, diharapkan TP PKK Jembrana akan terus memberikan kontribusi positif dalam setiap aspek kehidupan masyarakat.

“Hal ini tentu akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Jembrana, Ny. Chandrawati Tamba berkesempatan membacakan sambutan Ketua Umum TP PKK, Ny. Tri Tito Karnavian menyampaikan visi TP PKK yaitu terwujudnya keluarga yang berimab dan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera lahir dan batin. Maka, tema hari kesatuan gerak pkk ke-52 tahun 2024 adalah “Bergerak Bersama PKK, mewujudkan Keluarga Sejahtera Menuju Indonesia Maju”.

“Bergerak bersama mengandung makna keserempakan gerak kader PKK bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan untuk mewujudkan kesejahteraan keluarga rakyat Indonesia,” ungkapnya.

Baca Juga :  Ajak Tetap Mengabdi Bagi Jembrana, Bupati Tamba Serahkan Santunan Anggota Korpri

Pihaknya berharap agar dapat mengembangkan program-program PKK, sehingga senantiasa sejalan dengan program-program pemerintah dan pemerintah daerah.

Lebih lanjut, melalui 10 program pokok PKK, tim penggerak PKK dapat menjadi motor utama dalam menggerakkan kader dan menjalin koordinasi serta sinergitas dengan para stakeholder, baik dengan pemerintah dan pemerintah daerah maupun lembaga non pemerintah sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

“Ada tiga hal yang perlu mendapat perhatian kita semua yakni, memantapkan pemahaman mengenai filosofi pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga, mengoptimalkan potensi gerakan masyarakat untuk bersinergi dengan pemerintah dalam mempercepat pembangunan nasional dan daerah serta pencapaian PKK dalam pelaksanaan rencana Induk gerakan PKK tahun 2021-2024,” jelas Ny. Chandrawati Tamba membacakan sambutan Ketua Umum TP PKK.(ang/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News