Bung Karno
DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali Gelar Lomba Cerdas Cermat Bulan Bung Karno 2024. Sumber Foto : ads/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Dalam rangka memperingati Bulan Bung Karno, DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali menggelar Lomba Cerdas Cermat yang dibuka oleh Ketua DPD PDI P Provinsi Bali, Wayan Koster. Acara pembukaan berlangsung di Kantor DPD PDI P Bali pada Jumat (7/6/2024).

Dalam sambutannya, Wayan Koster menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan implementasi dari ‘Nangun Sat Kerthi Loka Bali’, yang bertujuan untuk memberikan manfaat bagi masyarakat. Ia menyatakan bahwa kegiatan ini adalah bentuk sinergi antara pemerintah dan partai, dengan tujuan utama agar generasi muda selalu mengingat peran tokoh Bung Karno sebagai bapak bangsa.

“Kegiatan ini juga sejalan dengan kebijakan pemerintahan Provinsi Bali dalam konsep Haluan Pembangunan Bali 100 Tahun,” tambah Koster. 

Kompetisi ini mencakup lomba cerdas cermat bagi siswa SMA/SMK dan mahasiswa, serta lomba karya tulis ilmiah.

Baca Juga :  Bupati Tabanan Hadiri Rapat Paripurna Ke-4 dan Ke-5 Masa Persidangan II Terkait Tanggapan Fraksi DPRD dan Jawaban Bupati Terkait 3 Ranperda

Ketua Panitia, Gusti Ayu Diah Werdhi Srikandi Wedastraputri Suyasa, dalam sambutannya menyatakan bahwa acara ini dirancang untuk menginspirasi dan melibatkan generasi muda Bali dalam pembangunan daerah yang didasarkan pada nilai-nilai kearifan lokal Krama Bali.

Haluan Pembangunan Bali Masa Depan, 100 Tahun Bali Era Baru, mencakup arah dan strategi untuk memuliakan alam, manusia, dan kebudayaan Bali dengan pendekatan ideologis, kultural, religius, dan nasionalis.

Pembangunan ini dilaksanakan secara terpola, menyeluruh, terencana, terarah, dan terintegrasi dengan konsep satu pulau, satu pola, dan satu tata kelola. Generasi muda diharapkan berpartisipasi aktif dengan semangat gotong-royong sesuai ajaran Bung Karno.

“Dengan menerapkan visi ‘Nangun Sat Kerthi Loka Bali’ melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru, Bali telah mencapai kemajuan signifikan dalam pelestarian alam, kualitas manusia, dan pemajuan kebudayaan Bali,” terang Gusti Ayu Diah Srikandi.

Lomba Cerdas Cermat Bulan Bung Karno 2024 diikuti oleh siswa SMA/SMK dan mahasiswa dari berbagai kabupaten/kota se-Bali. Babak penyisihan untuk tingkat SMA/SMK dilaksanakan pada 7-8 Juni 2024 dengan 27 regu peserta, menghasilkan 9 regu untuk maju ke babak semifinal pada 13 Juni 2024. Dari babak semifinal, 3 regu akan maju ke babak final pada 21 Juni 2024. Penentuan juara dilakukan pada babak final dengan 3 regu pemenang dan 3 regu juara harapan.

Baca Juga :  OJK dan Dua Kabupaten di Bali Tingkatkan Akses Kredit untuk Sektor Pertanian

Lomba ini melibatkan 6 profesor, doktor, dan akademisi profesional sebagai dewan juri, pembuat, dan editor soal. 

Terlaksananya Lomba Cerdas Cermat Bulan Bung Karno 2024 berkat kerjasama panitia, Dinas Pendidikan Provinsi Bali dan kabupaten/kota, dewan juri, serta dukungan dari berbagai pihak.  

Dengan kegiatan ini, diharapkan literasi generasi muda Bali meningkat, dan tercipta sumber daya manusia yang berdaya saing tinggi, berkualitas, dan berintegritas, sejalan dengan visi dan misi pembangunan Bali ke depan. (ads/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News