UMKM
DISKOPUKMP Badung Adakan ‘Badung UMKM Week 2024 Batch I’. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, MANGUPURA – Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki kontribusi yang sangat besar dalam pembangunan ekonomi nasional, terutama di Kabupaten Badung. Setelah melalui proses kurasi, sebanyak 32 UMKM di Kabupaten Badung terpilih untuk mengikuti pameran Badung UMKM Week 2024 Batch I, yang diadakan di Fountain Stage Beachwalk Shopping Mall, Kuta, pada Rabu (12/6/2024).

Kegiatan yang ditujukan bagi pelaku UMKM ini mengusung tema ‘UMKM Maju, Ekonomi Semakin Tangguh’. Kepala Bidang Kewirausahaan dan UMKM Diskopukm Kabupaten Badung, I Made Wirya Santosa, dalam laporannya menjelaskan bahwa melalui tema tersebut diharapkan jaringan UMKM Badung semakin luas dan dikenal hingga tingkat internasional.

Baca Juga :  Karya Melaspas di Pura Ratu Gede Dalem Sari Dalung

“Pameran Badung UMKM Week Tahun 2024 Batch I bertujuan untuk memperkenalkan produk UMKM Badung kepada masyarakat luas, baik domestik maupun internasional. Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk memacu kreativitas pelaku UMKM agar terus berinovasi dalam menciptakan produk yang mampu bersaing di pasar yang lebih luas,” jelas Wirya.

Dalam sambutannya, Bupati Badung, yang diwakili oleh Kepala Dinas Koperasi, UMKM, dan Perdagangan Kabupaten Badung, I Made Widiana, menyampaikan rasa terima kasih atas sinergi yang telah dilakukan sehingga pameran ini dapat terselenggara dengan baik.

Baca Juga :  Diskop UKMP Badung Gelar Pelatihan Desain Mode untuk UMKM dengan 30 Peserta

“Atas nama Bupati dan Pemerintah Kabupaten Badung, saya sangat mengapresiasi penyelenggaraan pameran Badung UMKM Week 2024 Batch I ini. Melalui pameran ini, diharapkan potensi produk UMKM di Kabupaten Badung, terutama produk unggulan yang berkualitas tinggi dan sesuai dengan kebutuhan pasar global, dapat lebih dikenal. Semoga acara seperti ini dapat terus ditingkatkan dan dilaksanakan secara berkelanjutan,” ucap Widiana.

Acara Badung UMKM Week Tahun 2024 Batch I dibuka secara resmi dengan pemotongan pita dan pemukulan gong oleh I Made Widiana mewakili Bupati Badung. Pembukaan ini disaksikan oleh OPD terkait, perwakilan HIPMI Kabupaten Badung, HIPPINDO Bali, Inkubator Bisnis Universitas Udayana, Primakara University, serta peserta pameran.

Baca Juga :  International Conference ICoDSA 2024, Membawa Ilmu Pengetahuan ke Tingkat Global

Widiana menambahkan bahwa tugas Dinas Koperasi, UMKM, dan Perdagangan adalah memfasilitasi UMKM di Kabupaten Badung dari hulu ke hilir, termasuk perizinan, keterampilan pembuatan produk, serta branding dan pemasaran.

“Saya berharap dengan kemandirian, UMKM akan bangkit dan kuat. Sebagai contoh, saat pandemi Covid-19, UMKM adalah sektor yang mampu bertahan di tengah berbagai tantangan,” tambahnya.

Pameran Badung UMKM Week 2024 Batch I ini berlangsung selama seminggu, mulai 12 Juni hingga 18 Juni 2024, di Fountain Stage Beachwalk Shopping Mall, Kuta.(adv/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News