Razia Blok Hunian
Cegah Gangguan Kamtib, Lapas Tabanan Gelar Razia Blok Hunian. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Bertempat di Blok Hunian Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tabanan, Petugas kembali melaksanakan kegiatan razia atau penggeledahan kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Kamis (20/6/2024). Kegiatan ini merupakan wujud langkah progresif petugas Lapas Tabanan, dalam upaya mencegah gangguan keamanan dan ketertiban (kamtib).

Sebelum kegiatan dimulai, Kepala Seksi (Kasi) Administrasi Keamanan dan Ketertiban (Adkamtib), Agung Satyahardika, memberikan arahan-arahan kepada personel yang terlibat, terkait pelaksanaan kegiatan penggeledahan.

“Lakukan penggeledahan sedetail dan seteliti mungkin, tetapi tetap melaksanakan kegiatan dengan humanis,” ucapnya.

Dalam pelaksanaan kegiatan penggeledahan ini, juga melibatkan jajaran petugas pengamanan, staf adkamtib, dan empat orang Taruna Politeknik Ilmu Pemasyarakatan. Ada dua kamar yang disasar dalam razia kali ini.

Baca Juga :  Bupati Tabanan Resmikan Masjid Agung Al-Muhajidin Tabanan

Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (Ka. KPLP), Wayan Surya Wirawan mengatakan, bahwa kegiatan penggeledahan ini merupakan aspek dari tiga kunci pemasyarakatan maju dan back to basics, yaitu deteksi dini, berantas narkoba dan sinergisitas dengan aparat penegak hukum lainnya.

Surya Wirawan juga menekankan arti penting komitmen petugas dalam menjaga keamanan dan ketertiban lapas, yaitu yang salah satunya rutin melaksanakan kegiatan penggeledahan.

“Mari bersama-sama menjaga lapas ini dengan deteksi dini gangguan kamtib. Hal ini juga merupakan salah satu bentuk pelayanan kita kepada warga binaan dalam bidang pelayanan keamanan,” ujarnya.

Dari hasil kegiatan penggeledahan ini tidak ditemukan barang-barang terlarang, namun terdapat beberapa barang yang berpotensi menyebabkan gangguan kamtib, seperti dua buah paku besi, tiga buah penggurisan, serta sebuah botol kaca.

Pada akhir kegiatan, Kasi Adkamtib juga memberikan pengarahan kepada warga binaan, agar tetap menjaga tata tertib selama menjalani pidana di Lapas Tabanan.(ita/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News