HUT ke-25 PSN
Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa bersama Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta saat menghadiri Perayaan HUT ke-25 Pinandita Sanggraha Nusantara (PSN) yang digelar di Gedung Dharma Negara Alaya Kota Denpasar pada Rabu (29/5/2024). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa menghadiri Perayaan HUT ke-25 Pinandita Sanggraha Nusantara (PSN) yang digelar di Gedung Dharma Negara Alaya Kota Denpasar pada Rabu (29/5/2024). Dimana, HUT ke-25 ini diharapkan menjadi momentum untuk menggelorakan sepirit Vasudhaiva Kutumbakam untuk terus melayani umat Hindu sesuai dengan sastra agama.

Rangkaian perayaan diawali dengan penampilan Bondres dari PSN Bali dan pembacaan Sloka. Dalam kesempatan tersebut turut dilaksanakan pembukaan kursus brahma widya, serta penyerahan bantuan. Sebagai pemuncak acara, turut dilaksanakan pemotongan tumpeng HUT ke-25 Pinandita Sanggraha Nusantara dan Dharma Wecana. Hadir pula dalam kesempatan tersebut Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta serta undangan lainya.

Baca Juga :  Tingkatkan Cakupan, Kelurahan Dangin Puri Kaja Sosialisasikan KIA

Ketua PSN Korwil Provinsi Bali, Jro Mangku I Wayan Dodi Arianta didampingi Ketua Panitia, A.A Mangku Gede Agung mengatakan bahwa HUT ke-25 PSN merupakan momentum silaturahmi sekaligus menguatkan organisasi. Dimana, pada perayaan kali ini, tema yang diangkat yakni “Melalui HUT ke-25 PSN kita wujudkan pinandita yang profesional, intelektual, moderat dan penuh pengabdian”.

Tema ini lanjut Jro Mangku Wayan Dodi merupakan sebuah upaya berkelanjutan dalam meningkatkan pelayanan bagi umat Hindu. Serangkaian HUT tahun ini, berbagai kegiatan turut dilaksanakan. Beberapa diantaranya yakni Seminar Nasional, Panglukatan Banyu Pinaruh, Khursus Teologi Brahma Widya hingga berbagai pementasan seni.

Baca Juga :  BKKBN Resmi Luncurkan Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor di Rumah Sakit Bali Mandara

“Tentunya kami mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan ini, semoga secara berkelanjutan PSN dapat terus melayani umat Hindu, serta dapat mewujudkan pinandita yang handal, profesional, solid dan memiliki integritas yang tinggi dan moral sepiritual yang tangguh,” ujarnya.

Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa dalam sambutanya mengatakan, bahwa keberadaan pinandita atau pemangku sebagai salah satu pelayan umat tentunya memiliki tanggung jawab yang berat dalam menjalankan tugas–tugas dalam bidang keagamaan. Hal ini lantaran seorang pinandita dewasa ini tidak hanya melaksanakan tugas pelayanan kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa, pinandita juga diharapkan mampu memberikan tuntunan kepada umat terlebih dalam situasi perkembangan zaman seperti sekarang.

Baca Juga :  "Bali Nice", Upacara Segara Kerthi Untuk Kesuksesan World Water Forum Ke-10

Lebih lanjut dijelaskan, melalui sastra suci keagamaan, pinandita diharapkan mampu menggetoktularkan ajaran dharma. Sehingga umat dapat berpikir, berkata dan berbuat sesuai dengan ajaran keagamaan. Hal ini tentu sejalan dengan visi Kota Denpasar yaitu Kota Kreatif Berbasis Budaya Menuju Denpasar Maju (Makmur, Aman, Jujur dan Unggul).

“Selamat Ulang Tahun ke-25 Pinandita Sanggraha Nusantara, semoga momentum ini dapat menjadi wahana impementasi sepirit Vasudhaiva Kutumbakam bahwa kita semua bersaudara untuk terus memberikan pelayanan bagi umat Hindu sesuai dengan sastra agama,” ujarnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News