Pasar
Wabup Wayan Diar Tinjau Pasar Tani Serangkaian HUT Ke-820 Bangli. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BANGLI – Wakil Bupati Bangli, I Wayan Diar meninjau langsung Pasar Tani yang berlangsung di sebelah barat Alun-alun Bangli pada Selasa (14/5/2024) yang di laksanakan oleh Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan serangkaian HUT ke-820 Bangli.

Turut hadir dalam acara ini Anggota Forkopimda Kabupaten Bangli, Ketua Gerakan Organisasi Wanita Kab.Bangli, Pimpinan Perangkat Daerah (PD) di Lingkungan Pemkab Bangli, pelaku UMKM serta undangan terkait lainnya.

Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kab. Bangli, I Wayan Sarma menjelaskan bahwa pangan merupakan kebutuhan dasar bagi masyarakat yang pemenuhannya harus dijamin oleh pemerintah. Oleh karena itu, akses pangan yang mudah dan terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat harus tetap tersedia dan terjaga, untuk menjaga pertumbuhan ekonomi dan inflasi tetap terkendali dimana kelompok  bahan pangan pokok (Volatile Food) sering  menjadi penyumbang angka inflasi yang signifikan.

“Maka dari itu konsep pasar tani adalah untuk memperpendek rantai pasar dengan memfasilitasi pertemuan antara produsen dengan konsumen, dimana produsen kita datangkan langsung dengan memberikan bantuan subsidi transportasi, sehingga konsumen mendapatkan harga di produsen atau harga yang pasti lebih murah,” jelas Sarma.

Baca Juga :  Pembangunan Bangli Sport Center Dimulai, Giri Prasta dan Sedana Arta Lakukan Groundbreaking

Oleh karena itu, yang berjualan disini sesungguhnya adalah tangan pertama/bukan pedagang. Mereka adalah petani, pemilik penyosohan (RMU), pembuatan produk olahan, maupun distributor langsung, seperti Bulog.

“Tujuan utama diadakannya pasar tani ini adalah pertama untuk membantu masyarakat agar mendapatkan harga pangan pokok yang terjangkau, kedua menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan, sehingga inflasi dapat terkendali. Oleh karena itu pasar tani ini juga menjadi salah satu rencana aksi Tim Penanggulangan Inflasi Daerah (TPID),” tambah Sarma.

Disamping itu, pasar tani ini nantinya akan dilaksanakan di seluruh Kecamatan di Kabupaten Bangli, dan selanjutkan Pasar Tani ini akan dilaksanakan pada bulan September atau menjelang Hari Besar Keagamaan yaitu hari raya Galungan.

Dalam pelaksanaannya kegiatan ini, pihaknya menggandeng sepuluh pelaku petani, pengolah serta distributor.

“Pada kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kepada para mitra kerja Bank Pembangunan Daerah (BPD) Bali Cabang Bangli, para pelaku petani, produsen produk olahan, distributor dan Bulog yang telah ikut menyukseskan kegiatan ini,” tutupnya.(an/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News