Gong Kebyar Duta Denpasar
Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa bersama Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana saat menyaksikan Pembinaan Gong Kebyar Dewasa, Gong Kebyar Anak-Anak dan Gong Kebyar Wanita Duta Kota Denpasar pada PKB XLVI Tahun 2024 oleh Tim Kesenian Provinsi Bali di Bale Banjar Tohpati, Desa Kesiman Kertalangu, Kamis (16/5/2024) kemarin. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Parade Gong Kebyar hingga saat ini masih menjadi salah satu penampilan yang paling dinanti penonton dan penikmat Pesta Kesenian Bali (PKB), terlebih tahun ini format parade gong kebyar dikembalikan dengan konsep mebarung antar kabupaten/kota. Karenanya, guna memantapkan penampilan, Tiga Sekeha Gong Kebyar yang akan menjadi Duta Kota Denpasar pada Utsawa (Parade) Gong Kebyar Pesta Kesenian Bali (PKB) XLVI Tahun 2024 mengikuti pembinaan dari Tim Kesenian Provinsi Bali di Bale Banjar Tohpati, Desa Kesiman Kertalangu, Kamis (16/5/2024) kemarin.

Dimana, tiga barungan Gong Kebyar yakni Sekeha Gong Kebyar Dewasa Puspa Gita, Banjar Tohpati, Desa Kesiman Kertalangu, Sekeha Gong Kebyar Anak-Anak Kumara Dharma Duta Laksana, Banjar Kepisah, Kelurahan Pedungan dan Sekeha Gong Wanita Gema Katonjaya, Banjar Tega, Kelurahan Tonja. Pembinaan Tiga Duta Gong Kebyar Duta Kota Denpasar ini dihadiri langsung Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa bersama Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana. Tampak pula Tim Kesenian Provinsi Bali dan Tim Kesenian Kota Denpasar.

Baca Juga :  Dinobatkan Sebagai Kota Lengkap oleh Kementerian ATR/BPN Sejak Tahun 2023, Kota Denpasar Siap Dukung Implementasi Sertifikat Elektronik

 Dalam kesempatan tersebut, Wakil Wali Kota I Kadek Agus Arya Wibawa memberikan apresiasi atas berbagai persiapan yang dilaksanakan duta kesenian Kota Denpasar, khususnya Tiga Sekeha Gong Kebyar Duta Kota Denpasar ini.

“Tadi kita saksikan penampilanya sudah maksimal, tentu kami berharap seluruh duta kesenian Kota Denpasar yang akan berlaga di PKB, termasuk Tiga Sekeha Gong Kebyar ini dapat terus berlatih maksimal dan tentunya menjaga penjiwaan, emosi serta konsistensi penampilan, sehingga saat pentas nanti dapat memberikan hasil yang maksimal, dan yang tak kalah penting tetap menjaga kesehatan,” jelasnya.

Arya Wibawa juga menekankan, bahwa catatan penting dalam pembinaan agar ditindaklanjuti sebaik mungkin. Sehingga dalam penampilan nanti dapat sesuai dengan pakem, uger-uger serta pembawaan seni itu sendiri. Termasuk juga kriteria yang menjadi syarat pementasan di PKB Tahun 2024 ini.

“Jadi masukan-masukan yang diberikan oleh Tim Pembina Provinsi agar ditindaklanjuti untuk maksimalnya penampilan nanti, selamat berlatih, Semangat Denpasar, berikan hasil yang terbaik dan maksimal, serta tetap jaga kesehatan,” ujarnya.

Baca Juga :  Pertamina Patra Niaga Proaktif Penuhi Kebutuhan LPG Bersubsidi di Bali

Sementara, Kadisbud Kota Denpasar, Raka Purwantara mengatakan, sajian Gong Kebyar Kota Denpasar tahun ini sedikit berneda dengan tahun sebelumnya. Dimana, sebelumnya ketiga duta gong kebyar, yakni gong kebyar anak-anak, wanita dan dewasa berkolaborasi untuk tampil bersama dalam satu panggung. Namun demikian, pada Tahun 2024 ini format penampilan dikembalikan seperti sebelum pandemi Covid-19 yakni dengan konsep mebarung.

“Iya untuk tahun ini kembali mebarung, mebarung bersama kabupaten lainya, tentu ini menambah semangat dan semarak pelaksanaan PKB XLVI Tahun 2024 ini,” ujarnya.

Dikatakanya, adapun materi yang akan dibawakan yakni Sekeha Gong Kebyar Dewasa Puspa Gita akan membawakan Tari Kreasi Kebyar Topeng Bugis, Tabuh Kreasi Pepanggulan Brare dan Pragmentari Wiraguna Abinaya Ngeraja Kuning. Selanjutnya Sekeha Gong Kebyar Anak-Anak Kumara Dharma Duta Laksana akan membawakan Tabuh Kreasi Baru Kekebyaran Arunika, Tari Tenggek dan Dolanan Nyikep. Sementara Gong Wanita Gema Katonjaya akan membawakan Tabuh Kreasi Lebur Saketi, Tari Baris Kekupu dan Sandya Gita Pandya Aji.

Baca Juga :  Sekda Alit Wiradana Buka Pasraman Yowana Dauh Puri Kaja 

“Mari kita maksimalkan sisa waktu yang ada untuk menindaklanjuti masukan dan saran Tim Konsultan Seni untuk menyempurnakan karya dan penampilan nantinya, semangat berikan yang terbaik,” jelasnya.

Untuk diketahui, Sekeha Gong Kebyar Dewasa Puspa Gita, Banjar Tohpati, Desa Kesiman Kertalangu akan mebarung bersama Gong Kebyar Dewasa, Komunitas Seni Saptana Jagaraga, Desa Singapadu, Kecamatan Sukawati, Duta Kabupaten Gianyar pada tanggal 27 Juni 2024. Selanjutnya Sekeha Gong Kebyar Anak-Anak Kumara Dharma Duta Laksana, Banjar Kepisah, Kelurahan Pedungan akan mebarung bersama Gong Kebyar Anak-anak, Sanggar Warnas Bangli, Griya Bukit Bangli, Kelurahan Cempaga, Kecamatan Bangli, Duta Kabupaten Bangli pada Minggu 23 Juni 2024 dan Sekeha Gong Wanita Gema Katonjaya, Banjar Tega, Kelurahan Tonja akan mebarung dengan Sanggar Seni Kumara Widya Suara, Kelurahan Tegalcangkring, Kecamatan Mendoyo, Duta Kabupaten Jembrana serta Sanggar Seni Sakura Dewata, Br. Metra Kaja, Desa Yangapi, Kecamatan Tembuku, Kabupaten Bangli pada tanggal 20 Juni 2024.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News