Dekranas
Pj. Ketua Dekranasda Bali Hadiri HUT ke-44 Dekranas di Solo. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, SURAKARTA – Pj. Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Bali, Ny. drg. Ida Mahendra Jaya menghadiri Upacara Pembukaan HUT ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) di Hotel Alila, Surakarta, pada Rabu (15/5/2024).

Sebelum upacara pembukaan HUT diselenggarakan, Ny. drg. Ida Mahendra Jaya sempat bercengkrama dengan Ketua Dekranasda seluruh Indonesia. Selain bertukar kabar, pada kesempatan tersebut tampak juga Ketua Dekranasda seluruh Indonesia bertukar program-program Dekranasda yang telah atau akan berlangsung.

“Ini adalah kesempatan bagus menurut saya, karena saya bisa bertemu dengan rekan-rekan Ketua Dekranasda sekaligus bertukar informasi tentang program-program Dekranasda di masing-masing Provinsi,” jelasnya dengan penuh gurau.

Acara pada pagi itu dibuka langsung oleh Pembina Dekranas Indonesia sekaligus Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Dalam acara yang dipandu oleh Raffi Ahmad dan Ayu Dewi tersebut, Ibu Negara sempat menyapa tamu undangan yang hadir dari seluruh Provinsi di Indonesia. Ia pun memuji para tamu undangan yang didominasi oleh perempuan tersebut dengan mengenakan baju tradisional daerah masing-masing.

Baca Juga :  Peringati Hari Bumi, PLN Tegaskan Komitmen Pada Bisnis yang Berkelanjutan

 “Saya sempat pangling, karena ibu-ibu semua yang hadir di sini memakai kain masing-masing daerah,” katanya yang hadir didampingi oleh anggota OASE Kabinet Indonesia Maju.

Acara tersebut dibuka dengan pemukulan gong dan pemotongan tumpeng yang diberikan kepada pengurus Dekranas Pusat.

Sementara Ketua Umum Dekranas, Ny. Wury Ma’aruf Amin mengatakan selama 44 tahun ini, Dekranas menjadi tonggak dalam pengembangan kerajinan dan produk kekayaan Indonesia untuk bisa dilirik di mata internasional. Ia pun meminta para pelaku usaha terus adaptif, menjaga kualitas produk, dan terus memperluas jaringan pemasaran.

Ketua Panitia Dekranas Expo 2024, Loemongga Agus Gumiwang mengatakan rangkaian HUT Dekranas diawali pada Mei lalu dengan pelaksanaan pelatihan pendampingan dan workshop, sera bazar sembako murah. Ia pun melanjutkan, mulai hari ini hingga empat hari ke depan, ada Expo di Pura Mangkunegaraan yang diikuti oleh 257 stand kerajinan kebanggaan Indonesia, stand kuliner nusantara, dan layanan konsultasi pembinaan bagi para perajin, serta panggung hiburan musik yang diisi artis ternama.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News