PPDB Kota Denpasar
Ketua Panitia PPDB Disdikpora Kota Denpasar, AA Putu Gede Astara. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP Negeri di Denpasar untuk tahun ajaran 2024/2025 dibuka bulan Juni mendatang. Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kota Denpasar menyediakan 5.240 kursi bagi calon peserta didik baru.

Ketua Panitia PPDB Disdikpora Kota Denpasar, AA Putu Gede Astara menjelaskan, jumlah kursi yang diterima di 16 SMP negeri tahun ini berkurang dibandingkan tahun lalu, yang mencapai 5.600 siswa. Atau selisih 360 siswa dibandingkan penerimaan tahun lalu.

“Berkurangnya siswa yang akan diterima tahun ini dibandingkan tahun lalu disebabkan berkurangnya jumlah rombongan belajar (rombel) yang diterima di beberapa SMP negeri. Tahun lalu, jumlah rombel yang diterima sebanyak 140 kelas, sedangkan tahun ini hanya 131 kelas. Artinya ada selisih lagi 9 rombel dibandingkan tahun lalu,” ucap Agung Astara.

Agung Astara menjelaskan, berkurangnya jumlah rombel yang diterima di beberapa sekolah antara 1 sampai 2 kelas. Berkurangnya jumlah rombel yang diterima dikarenakan sekolah menyesuaikan dengan jumlah kelas yang lulus tahun ini. Selain itu, tidak ada ruangan kelas baru, serta mengembalikan fungsi ruang sebelumnya seperti ruang lab, UKS dan BK yang dipakai kelas.

Baca Juga :  AMD Kenalkan Laptop Bertenaga Prosesor Ryzen™ 7000 dan 8000 Series, Performa Gaming Maksimal dengan Efisiensi Daya Terbaik

“PPDB SMP negeri tahun ini dilaksanakan secara online (daring) dengan menggunakan empat jalur. Keempat jalur tersebut yakni jalur zonasi, jalur prestasi, jalur afirmasi, dan jalur perpindahan orang tua. Khusus untuk jalur zonasi akan dibagi dua yakni jalur zonasi umum dan jalur zonasi bina lingkungan. Begitu juga untuk jalur prestasi dibagi dua yakni akademik dan non akademik. Khusus di non akademik, tahun ini ditambah prestasi puja tri sandya,” tambah Agung Astara.

Sementara itu, untuk jumlah lulusan siswa SD yang akan melanjutkan ke SMP tahun ini sebanyak 14.398 siswa. Dari jumlah itu, 9.133 siswa ber-KK Kota Denpasar, sisanya 5.265 siswa luar KK Kota Denpasar.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Tinjau Tahap Awal Pembangunan Jembatan di Kawasan Desa Pemogan

“Untuk alamat website pendaftaran masih sama seperit tahun sebelumnya, yakni melalui https://denpasar.siap-ppdb.com/,” ucap Agung Astara.

PPDB SMP negeri diawali dengan pendaftaran jalur prestasi mulai 18-20 Juni 2024. Hasilnya seleksi diumumkan pada 22 Juni 2024. Dilanjutkan dengan pendaftaran jalur perpindahan tugas orang tua/wali dan afirmasi pada 24-25 Juni 2024, dan hasil seleksi diumumkan pada 26 Juni 2024.

Berikutnya pendaftaran jalur zonasi umum pada mulai 27-29 Juni 2024, dan hasil seleksi diumumkan pada 1 Juli 2024. Terakhir, pendaftaran jalur zonasi bina lingkungan mulai 2-3 Juli 2024, dan hasilnya diumumkan pada 4 Juli 2024. Calon peserta didik baru yang dinyatakan lulus di semua jalur wajib melakukan daftar ulang pada 8-10 Juli 2024 secara online.(tis/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News