Pasar Murah
Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa saat meninjau Pasar Murah dan Penyerahan Bantuan Sembako dalam rangka pengendalian inflasi di Kawasan Pelataran Pasar Badung, Denpasar, Kamis (30/5/2024). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pemerintah Kota Denpasar bekerjasama dengan Gerai Sewaka Jaya milik Perumda Pasar Sewakadarma kembali menggelar Pasar Murah di Kawasan Pelataran Pasar Badung, Denpasar, Kamis (30/5/2024). Kegiatan yang dilaksanakan guna mendukung optimalisasi pengendalian inflasi ini ditinjau langsung Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa bersama Ketua GOW Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa.

Dalam kesempatan tersebut turut diserahkan bantuan sembako sebanyak 150 paket kepada petugas kebersihan dan tukang suwun di Pasar Badung dan Pasar Kumbasari serta masyarakat Desa Dauh Puri Kangin. Hadir pula dalam kesempatan tersebut Kepala Cabang Utama BPD, I Made Sudarma, Perwakilan Bank BRI, Direktur Utama Perumda Pasar Sewakadarma Kota Denpasar, Ida Bagus Kompyang Wiranata, Kabag Perekonomian Setda Kota Denpasar, I Wayan Putra Sarjana, TPID Kota Denpasar serta undangan lainya.

Dari pelaksanaan pasar murah tersebut diketahui bawang merah dijual dengan harga Rp33.000, bawang putih dijual dengan harga Rp34.000, cabai rawit dijual dengan harga Rp30.000, cabai merah besar dijual dengan harga Rp45.000, tomat dijual dengan harga Rp20.000, telor dijual seharga Rp45.000, ayam ras dijual seharga Rp35.000.

Selain itu, juga turut dijual Beras SPHP dengan harga Rp57.000, Beras Pertiwi dijual dengan harga Rp69.000, Beras Ratu 5kg dijual seharga Rp72.000, Beras Putri 5kg seharga Rp72.000, Beras Tempong 5kg dijual seharga Rp70.000, Beras C4 5kg dijual aeharga Rp64.000, Gula 1kg dijual seharga Rp16.000 dan Minyak 800 ml dijual seharga Rp15.000.

Baca Juga :  Berhasil Kelola SP4N LAPOR!, Pemprov Bali Berbagi Praktik Baik dengan Empat Daerah di Indonesia

Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa disela peninjauan menjelaskan, bahwa Pasar Murah ini dilaksanakan guna mendukung pengendalian inflasi berkelanjutan serta memberikan kemudahan berbelanja bagi masyarakat. Pelaksanaan Pasar Murah ini merupakan langkah nyata dalam mendukung Pengendaian Inflasi Daerah Kota Denpasar secara berkelanjutan. Hal ini dilaksanakan dengan menjaga stabilitas bahan pokok dengan memastikan kelancaran distribusi dan ketersediaan stok.

“Dengan Pasar Murah ini kami berharap mampu meningkatkan akses pangan masyarakat, terutama pangan pokok dan strategis, serta berkualitas baik dengan harga dibawah pasar, sebagai upaya berkelanjutan menjaga stabilitas harga dan inflasi daerah,” ujarnya.

Baca Juga :  Penerimaan Pajak Kanwil DJP Bali Melonjak 32,34 Persen di Awal 2024, Capai Rp5,45 Triliun

Ditambahkan Arya Wibawa, Pemkot Denpasar melalui TPID terus melaksanakan beragam inovasi. Beberapa diantaranya yakni pemantauan harga dan stok, menjaga pasokan bahan pokok dan barang penting, melaksanakan gerakan menanam, operasi pasar murah dengan fokus pada komoditas penyumbang inflasi, sidak pasar dan distributor, bekerjasama dengan daerah penghasil serta memberikan subsidi angkutan distribusi.

“Jadi kita harus berhitung, kita pantau betul agar jangan sampai inflasi meningkat, dan OPD terkait agar fokus menekan harga komoditi penyebab inflasi, mari bersinergi bersama. Pelaksanaan pasar murah yang digelar di desa/kelurahan secara bergiliran, hal ini guna memfasilitasi masyarakat untuk dapat memenuhi kebutuhan pokok dengan harga terjangkau,” ujar Arya Wibawa.

Direktur Utama Perumda Pasar Sewakadarma Kota Denpasar, Ida Bagus Kompyang Wiranata mengatakan, Pemkot Denpasar bersama seluruh OPD terkait serta Perumda Pasar Sewakadarma terus berupaya dalam mengendalikan inflasi. Dimana, melalui Pasar Murah ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat dengan harga yang lebih terjangkau. Selain menjual bahan pokok, Pasar Murah ini juga turut melibatkan UMKM masyarakat lokal.

Baca Juga :  Gerindra Mantap Dukung Tamba-Ipat, De Gadjah: Bukan Masalah Jika Non-Kader!
Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa saat Penyerahan Bantuan Sembako dalam rangka pengendalian inflasi di Kawasan Pelataran Pasar Badung, Denpasar, Kamis (30/5/2024). Sumber Foto : Istimewa

Lebih lanjut dijelaskan, dalam kesempatan kali ini juga turut diserahkan bantuan 150 paket sembako kepada petugas kebersihan di Pasar Badung dan Pasar Kumbasari serta masyarakat Desa Dauh Puri Kangin. Hal ini sebagai bentuk stimulus dalam mendukung pemenuhan kebutuhan serta pengendalian inflasi. Dimana, bantuan ini merupakan kerjasama dari berbagai pihak, yakni Perumda Air Minum Tirta Sewakadarma Kota Denpasar, Bank BPD Bali dan Ban BRI.

“Semoga pelaksanaan pasar murah dan penyerahan bantuan ini dapat memberikan kemanfaatan bagi masyarakat, serta dapat menjadi stimulus dalam pengendalian inflasi,” ujarnya.

Salah seorang Petugas Kebersihan, Sudarti mengaku senang dapat berbelanja dengan harha lebih murah di Pasar Murah ini. Semoga kegiatan ini dapat berlangsung secara berkelanjutan.

“Senang sekali, lebih murah dan semoga berkelanjutan,” ujarnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News