Apresiasi MPP Kabupaten Buleleng
Menteri PAN-RB Apresiasi Mal Pelayanan Publik Kabupaten Buleleng. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Mal Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Buleleng mendapatkan apresiasi tinggi dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PAN-RB), Abdullah Azwar Anas. Apresiasi tersebut disampaikannya saat berkesempatan meninjau pelaksanaan pelayanan publik di MPP Kabupaten Buleleng, Senin (20/5/2024).

Menurut Menteri PAN-RB. tidak banyak MPP yang sudah berdiri di wilayah-wilayah Indonesia yang memiliki kualitas sebaik MPP Kabupaten Buleleng. Lokasi MPP Kabupaten Buleleng berada di lantai 3 Pasar Banyuasri Singaraja. Pemilihan lokasi ini merupakan keputusan strategis yang baik. Mengintegrasikan kegiatan ekonomi dengan pelayanan publik untuk masyarakat Kabupaten Buleleng.

“Saya kira ini bagus sekali. Tempatnya sudah luar biasa teman-teman tinggal mengoptimalkan tempat ini. Saya atas nama kementerian PAN-RB sangat mengapresiasi,” ungkap Azwar Anas.

Degan lokasi yang baik, ke depan diharapkan Pemerintah Kabupaten Buleleng senantiasa bisa mengupayakan perbaikan layanan. Hendaknya setiap pengunjung yang datang, diarahkan untuk untuk mengisi survei kepuasan. Sehingga bisa memberikan pelayanan yang semakin baik sesuai dengan harapan masyarakat Kabupaten Buleleng. Pengelolaan MPP merupakan wujud kesungguhan pemerintah daerah melayani masyarakat Kabupaten Buleleng dengan terintegrasi.

Baca Juga :  Sopir Truk Ditemukan Tergeletak Tidak Bernyawa di Depan Pura Labuan Aji

“Sehingga kedepan pelayanannya semakin mudah, dan rakyat semakin mendapatkan layanan yang menyenangkan,” kata Azwar Anas.

Selanjutnya, Ia memaparkan terkait arahan dari Presiden Joko Widodo dimana MPP ke depan diharapkan semakin mengarah ke pelayanan digital. MPP di masa mendatang diharapkan tidak lagi membutuhkan gedung yang besar karena masyarakat bisa mengakses hampir semua layanan dengan fitur daring. Setiap instansi baik pemerintah daerah maupun vertikal juga telah bekerja dan memiliki pelayanan di masing-masing kantor. Demikian sejatinya inti dari MPP adalah integrasi layanan untuk masyarakat.

Baca Juga :  Gara-gara Kabel Fiber Kendor, Bus Angkut Pelajar Tertimpa Tiang Listrik 

“Sehingga secara bertahap mungkin nanti kantor ini bisa dipergunakan untuk fasilitas yang lain, karena secara bertahap nanti semakin tidak memerlukan gedung yang besar melainkan bisa online, melalui HP dan yang lain lain. Atau pemda juga bisa melakukan inovasi jemput bola sehingga banyak orang yang tidak perlu datang ke tempat,” ungkap Azwar Anas.

MPP Kabupaten Buleleng saat ini diisi oleh kerjasama dari 11 instansi pemerintah daerah dan juga 9 instansi vertikal. Seluruh instansi tersebut memberikan total 179 layanan yang bisa diakses dalam satu gedung yang terintegrasi. Sejak peluncuran operasional pada 8 Desember 2023, hingga minggu kedua Bulan Mei Tahun 2024 MPP Kabupaten Buleleng telah memberikan lebih dari 11.100 layanan baik perizinan maupun non-perizinan.(adv/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News