Gov
Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara didampingi Kadis Kominfos Kota Denpasar, IB Alit Adhi Merta usai menerima Penghargaan DGA serangkaian SPBE Summit 2024 dan peluncuran Government Technology (GovTech) Indonesia, Senin (27/5/2024) di Istana Negara, Jalan Veteran, Jakarta Pusat. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pemerintah Kota Denpasar kembali meraih Penghargaan Digital Goverment Award (DGA) kategori terbaik Penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) RI.

Pemerintah Kota Denpasar menjadi salah satu Kota dengan Indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) terbaik kategori Pemerintah Kota. Hal ini tidak terlepas dari komitmen mendukung percepatan pelayanan berbasis elektornik dan digitalisasi di Pemkot Denpasar.

Penyerahan Penghargaan DGA disaksikan langsung Presiden RI, Joko Widodo didampingi Menteri PAN RB, Abdullah Azwar Anas yang diterima Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara serangkaian SPBE Summit 2024 dan peluncuran Government Technology (GovTech) Indonesia, Senin (27/5/2024) di Istana Negara, Jalan Veteran, Jakarta Pusat.

Acara tersebut juga dihadiri Wakil Presiden RI, K.H. Ma’ruf Amin, para Menteri Kabinet Indonesia Maju, pimpinan instansi pusat, dan kepala daerah. SPBE Summit 2024 merupakan agenda Kementerian PAN RB yang bertujuan mendorong perkembangan layanan digital di setiap instansi pemerintah. Terdapat pula pemberian apresiasi bagi instansi pemerintah yang berhasil mencapai nilai pemantauan dan evaluasi SPBE terbaik.

Baca Juga :  Sekda Alit Wiradana Hadiri Pemusnahan Barang Bukti Tindak Pidana Umum dan Khusus

Presiden RI, Joko Widodo dalam arahannya menyampaikan, meningkatkan daya saing Indonesia, kita harus memperkuat Digital Publik Infrastruktur, dan memperkuat transformasi digital satu portal terintegrasi yang dinamakan Ina Digital. Program ini telah terkoneksi dari pelayanan pendidikan, kesehatan, layanan ijin usaha, hingga perpajakan dan lainnya.

“Dengan migrasi yang dilakukan bertahap, serta mempersiapkan ASN Digital, sistemnya terus disosialisasikan, dan melakukan perbaikan secara bertahap. Di samping itu, kepada Kementerian Lembaga dan Pemerintah Daerah harus bersama-sama melakukan integrasi aplikasi dan data,” ujar Presiden RI, Joko Widodo

Menteri PAN RB, Abdullah Azwar Anas menyampaikan, SPBE Summit merupakan momentum dalam mendorong perkembangan layanan digital pemerintah berbasis pada kebutuhan masyarakat atau citizen centric. Acara ini juga akan menjadi ukiran sejarah baru karena pemerintah telah meluncurkan Govtech sebagai penyedia solusi keterpaduan layanan digital pemerintah, mulai dari infrastruktur, portal nasional, hingga layanan digital publik prioritas.

“Semoga dengan digelarnya SPBE Summit 2024 dan peluncuran GovTech Indonesia nantinya kita memasuki tahapan baru Indonesia yang lebih mudah, cepat, transparan, bebas dari korupsi dan tentunya fokus pada kebutuhan masyarakat,” pungkas Anas.

Sementara Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara didampingi Kadis Kominfos Kota Denpasar, IB Alit Adhi Merta dan Kabag Prokopim Setda Kota Denpasar, Cokorda Gede Partha Sudarsana mengaku bersyukur atas capaian penghargaan SPBE yang kembali diraih tahun ini. Hal tersebut menunjukan inovasi dan terobosan Pemkot Denpasar diakui secara nasional.

“Pemkot Denpasar telah melaksanakan penyederhanaan birokrasi, deregulasi kebijakan, digitalisasi dalam sistem pemerintahan, peningkatan kapasitas SDM, hingga penyederhanaan proses bisnis,” ujar Jaya Negara.

Baca Juga :  Aliansi Masyarakat Bali Tolak RUU Penyiaran Gelar Aksi di Depan Gedung DPRD Provinsi Bali

Lebih lanjut Jaya Negara menyampaikan, dalam penguatan kebijakan SPBE, Kota Denpasar telah melakukan beragam upaya strategis. Hal ini diwujudkan dengan Peraturan Wali Kota Denpasar Nomor 73 Tahun 2019 Tentang Satu Data Daerah dan Peraturan Wali Kota Denpasar Nomor 28 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik di Lingkungan Pemerintah Kota Denpasar. Selain itu, implementasi nyata juga dilaksanakan dengan SP2D online, Tandatangan Digital, Perijinan Online, Pajak Digital, Pro Denpasar, Denpasar Satu Data dan masih banyak lainya.

“Kami bersyukur atas capaian prestasi nasional yang kembali diraih tahun ini, serta berharap penghargaan ini dapat mendorong inovasi digital dalam meningkatkan layanan publik secara lebih efisien, meraih kepercayaan masyarakat dalam penggunaan teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan kepada masyarakat,” ujar Jaya Negara.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News