Pemantauan Ketersediaan Pangan
TPID Denpasar Gelar Pemantauan Ketersediaan dan Harga Pangan Jelang Idul Fitri. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Denpasar kembali melaksanakan pemantauan ketersediaan dan harga pangan pokok strategis di Pasar Agung serta UD Sumber Pangan Gatsu pada Senin (3/4/2024). Pemantauan tersebut dilaksanakan guna memastikan ketersediaan stok dan stabilitas harga pangan di pasaran dalam rangka menyambut Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) yakni Hari Raya Idul Fitri.

Pelaksanaan pemantauan tersebut dipimpin Kepala Bagian Perekonomian Setda Kota Denpasar, I Wayan Putra Sarjana, S.E, didampingi oleh Kepala Kantor Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Denpasar, Andri Yudhi Supriadi, serta anggota TPID Kota Denpasar.

Baca Juga :  Pastikan Keamanan Wilayah, Kelurahan Peguyangan Gelar Pendataan Duktang dan Sambangi Rumah Penduduk yang Mudik

Putra Sarjana mengatangkan, pemantauan tersebut merupakan bagian dari upaya TPID dan instansi terkait untuk memastikan ketersediaan pangan yang cukup dan stabil menjelang perayaan Idul Fitri. Sehingga menjelang hari besar keagamaan tidak terjadi kelangkaan pangan dan lonjakan harga. Selain itu, pemantauan ini juga dilkasanakan untuk mendukung optimalisasi pengendalian inflasi di Kota Denpasar.

“Jadi pemantauan ini adalah untuk memastikan ketersediaan stok, stabilitas harga dan mendukung pengendalian inflasi berkelanjutan di Kota Denpasar,” ujarnya.

Dikatakan Putra Sarjana, dari hasil pemantauan di UD. Sumber Pangan Gatsu dan Pasar Agung, stok kebutuhan pangan tergolong aman. Dimana, secara keseluruhan harganya termasuk stabil meskipun ada beberapa bahan kebutuhan mengalami kenaikan.

Adapun beberapa komoditi mengalami kenaikan harga yakni harga daging ayam ras naik dari Rp38 ribu menjadi Rp40 ribu, sedangkan harga cabe merah turun dari Rp48 ribu menjadi Rp40 ribu, dan harga tomat dari Rp30 hari menjadi Rp35 ribu.

Baca Juga :  Maknai Kebaikan Ramadan, Ribuan Mitra Pengemudi Shopee se-Indonesia Berbagi Takjil

“Dari pemantuan yang dilakukan diharapkan harga selalu stabil dan kebutuhan bahan pokok terpenuhui,” harapnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News