Tingkatan Mutu Pendidikan
Sinkronisasi Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah, Salah Satu Upaya Tingkatan Mutu Pendidikan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Peningkatan mutu pendidikan di Kota Denpasar secara umum harus ditopang dengan sinkronisasi dan kolaborasi pihak terkait, salah satunya antara jajaran Dewan Pendidikan dan juga Komite Sekolah.

Hal ini diungkapkan, Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa saat membuka kegiatan Seminar Sinkronisasi Dewan Pendidikan Dengan Komite Sekolah, yang dicetus Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Dikpora) Kota Denpasar, di Graha Sewaka Dharma, Lumintang, Senin (29/4/2024).

Dalam kesempatan itu juga, Wawali Arya Wibawa yang juga didampingi Sekretaris Daerah Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana, mengatakan, kerja sama antara Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah diharapkan juga akan mampu memediasi penyelenggaraan pendidikan di sekolah-sekolah.

“Pemerintah Kota Denpasar sangat menyadari dan terus berkomitmen soal peningkatan mutu pendidikan. Hal ini bisa direalisasi dengan kolaborasi yang baik dari Dewan Pendidikan dan juga Komite Sekolah, yang nantinya diharapkan akan berfungsi sebagai mediator dalam penyelenggaraan pendidikan,” tuturnya.

Baca Juga :  Lepas Tukik dan Melempar Alat Pancing Pertama, Wali Kota Jaya Negara Buka "Biaung Beach Fishing Tournament"

Lebih dari itu, Wawali Arya Wibawa juga menyampaikan, para peserta yang hadir dalam kegiatan seminar ini juga akan dapat menjalankan fungsinya sebagai Advisory Agency atau pemberi pertimbangan, Controlling Agency atau pengontrol, dan juga Supporting Agency atau pemberi dukungan kepada proses pendidikan yang berjalan.

“Bapak Wali Kota dan saya dalam hal ini sangat mengapresiasi diselenggarakannya seminar ini. Mudah-mudahan dalam seminar ini nantinya Bapak dan Ibu dapat berdiskusi dan memberikan sumbangsih pemikiran untuk peningkatan mutu dan kualitas pendidikan kita,” lanjut Arya Wibawa.

Baca Juga :  Lantik Forum TJSL Provinsi Bali, Mahendra Jaya Minta Perusahaan Sisihkan Keuntungan untuk Pengentasan Kemiskinan di Bali

Ketua Panita Seminar Sinkronisasi Dewan Pendidikan Dengan Komite Sekolah, I Ketut Dirga dalam laporannya menyebut, setidaknya terdapat 110 orang peserta seminar yang terdiri dari unsur Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP), Komite Sekolah, Ketua Gugus di masing-masing kecamatan, dan jajaran terkait lainnya.

“Seminar hari ini kami tujukan untuk meningkatkan sinergitas antara dewan pendidikan, dan komite sekolah. Kami juga menghadirkan dua orang narasumber, yakni dari salah satu dewan pendidik dan juga akademisi, yang nantinya akan bersama-sama mendiskusikan perihal langkah apa yang harus kita tempuh untuk semakin memaksimalkan peningkatan mutu pendidikan kita,” jelasnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News