Posko
PLN Sukses Hadirkan Listrik Aman Selama Masa Libur Idul Fitri 2024 di Bali. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – PT PLN (Persero) sukses dalam mengawal kelistrikan selama libur Lebaran 2024. Listrik dihadirkan dengan keandalan yang mumpuni tanpa padam selama masa siaga sejak tanggal 3 April 2024 sampai tanggal 19 April 2024.

Kesuksesan ini tak lepas dari petugas, dukungan stakeholder, semua pelanggan PLN dan berbagai lapisan masyarakat dalam menjaga keandalan pasokan listrik.

General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Bali, I Wayan Udayana mengatakan untuk menghadirkan listrik yang andal PLN memastikan pasokan listrik aman dengan turut menghadirkan personel serta peralatan dan armada yang memadai.

Pada masa siaga kali ini PLN mempersiapkan petugas sebanyak 657 personel di 69 titik posko siaga dan 3 posko mudik lebaran yang tersebar di seluruh kabupaten/kota di Bali.

Baca Juga :  IGTKI Kota Denpasar Gandeng ACK Gelar Lomba Menggambar dan Mewarnai, Rancang Libatkan Ribuan Peserta

Selain itu, sebanyak 41 unit Uninterruptible Power Supply (UPS), 29 Unit Gardu Bergerak (UGB), 26 Unit Kabel Bergerak (UKB), serta 19 Unit Genset, dan kendaraan pendukung termasuk kendaraan pelayanan teknik dan kendaraan Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB), serta material cadangan mendukung keandalan selama masa siaga berlangsung.

Di samping itu, ketersediaan pasokan listrik juga terbukti aman, dengan daya mampu di sub sistem Bali pada saat siaga mulai tanggal 3 April sampai dengan 19 April 2024 sebesar 1.371 megawatt (MW), beban puncak tertinggi mencapai 1051,9 MW, sehingga masih terdapat cadangan listrik sebesar 319,1 MW.

Dibandingkan dengan periode tahun 2023, masa libur Idulfitri 2024, terdapat peningkatan beban hingga 12,59 persen.

Tak hanya itu, demi mendukung pemudik yang menggunakan kendaraan listrik, PLN juga memastikan 76 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar di 30 lokasi di Bali telah beroperasi dengan baik. Aplikasi PLN Mobile juga turut dipastikan dapat memberikan kemudahan bagi pengendara untuk mengecek lokasi SPKLU.

Tentu saja pasokan listrik di lokasi prioritas antara lain pelabuhan, bandara, terminal, rumah sakit, serta obyek vital lainnya selalu dipastikan keandalan dan keamanannya.

Handy Heryudhitiawan, General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, menyampaikan terimakasih kepada seluruh stakeholder atas kerja samanya dalam memastikan penyelenggaraan Idul fitri 1445 H aman dan lancar.

Baca Juga :  Aktivasi Energi Kejantanan, Kunci Kesuksesan dan Kesejahteraan

Dirinya menyampaikan bahwa selama masa pelayanan posko terpadu Idul Fitri, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai mencatatkan peningkatan jumlah penumpang hingga 6 persen dari jumlah pelayanan penumpang di tahun 2023.

“Pelaksanaan Posko Terpadu Angkutan Udara Idul Fitri 1445 H di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai berjalan dengan aman dan lancar berkat dukungan dari seluruh komunitas bandara. Terimakasih kami ucapkan kepada seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan posko terpadu Idul Fitri 1445 H ini, apresiasi kami juga kepada PLN yang selama arus mudik dan arus balik telah memberikan layanan kelistrikan secara kontinyu tanpa padam, sehingga layanan kami juga dapat berjalan lancar, aman dan nyaman,” ucap Handy.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News