TPA Praba Dharma Yogyakarta
Pemkot Denpasar Kunjungi TPA Praba Dharma Yogyakarta, Pelajari Program Penitipan Anak Bagi Orang Tua Pekerja. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, YOGYAKARTA – Segenap jajaran organisasi kewanitaan bersama Dinas P3AP2KB Kota Denpasar, melakukan kunjungan dan kegiatan studi tiru ke Tempat Penitipan Anak (TPA) Praba Dharma, yang berada di area perkantoran Balai Kota Yogyakarta, Kamis (18/4/2024).

Kunjungan ini dipimpin Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, didampingi Ketua DWP Kota Denpasar, Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana, dan diterima langsung Kepala TPA Praba Dharma Yogyakarta, Gendook Suginah serta Penanggung Jawab Program TPA, Ari Nunik Kurniawati.

Dalam pertemuan itu, Ketua GOW Denpasar, Ayu Kristi Arya Wibawa menyampaikan, maksud dan tujuan kunjungan ini adalah untuk mempelajari secara seksama bagaimana program TPA Praba Dharma ini dijalankan, terutama di lingkungan perkantoran pemerintahan.

“Dewasa ini, tempat penitipan anak atau daycare bagi orang tua pekerja adalah salah satu hal penting yang dibutuhkan. Komponen yang perlu diperhatikan para orang tua pekerja adalah, kenyamanan, keamanan dan juga jarak TPA dari tempat orang tua pekerja. Untuk itu, melalui kunjungan ini, kami berharap mendapat gambaran dan referensi ke depannya program ini dapat diaplikasikan juga di Kota Denpasar, terutama di area perkantoran seperti ini,” ujarnya.

Baca Juga :  Pertamina Goes to Campus 2024 Resmi Dibuka

Kepala Dinas P3AP2KB Kota Denpasar, I Gusti Agung Sri Wetrawati menambahkan, Pemerintah Kota Denpasar, memiliki perhatian besar terhadap upaya perlindungan anak, serta terus berkomitmen di dalam mewujudkan kota layak anak dan bertanggung jawab dalam memenuhi hak anak, serta melindungi mereka dari kekerasan dan eksploitasi, penelantaran dan perlakuan salah lainnya.

“Pemerintah Kota Denpasar di bawah arahan Bapak Wali Kota, terus berkomitmen untuk memberikan perlindungan terhadap anak, salah satunya dengan menyediakan area khusus yang ramah anak, seperti area bermain, tempat penitipan anak atau daycare dan lainnya,” katanya.

Baca Juga :  Periode Lebaran, Penjualan Honda di bulan Maret 2024 Meningkat 19 Persen

Sementara itu, Kepala TPA Praba Dharma Yogyakarta, Gendook Suginah menjelaskan, TPA ini menaungi khusus anak-anak dari para ASN di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta.

Adapun usia anak yang dititipkan di sini adalah, dari rentang usia 2 tahun hingga pra TK atau 6 tahun.

“Penitipan ini memang dikhususkan untuk anak-anak yang orang tuanya merupakan para ASN di Pemerintah Kota Yogyakarta. Jam penitipan dari jam 7 pagi sampai jam 4 sore,” jelasnya.

Gendook juga menguraikan, TPA ini tidak hanya sekedar penitipan anak saja, namun lebih dari itu, pihak TPA yang berada di bawah naungan Dinas P3AP2KB Kota Yogyakarta, juga bersinergi dengan pihak terkait lainnya, seperti pendidikan, kesehatan, lingkungan dan lainnya dalam memberikan pelayanan terhadap anak-anak di TPA itu.

Baca Juga :  Pajak Atas Usaha Ekonomi Digital Tembus Rp24,12 Triliun

“Memang keberadaan TPA ini diharapkan akan memberikan rasa ketenangan terhadap orang tua saat bekerja karena anak-anaknya berada di bawah pengawasan yang tepat,” imbuhnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News