KTP
Libur Lebaran, Dinas Dukcapil Buleleng Layani Ratusan Masyarakat. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Libur panjang pada Hari Raya Lebaran tidak menjadi halangan bagi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Buleleng dalam memberikan pelayanan administrasi kependudukan. Pelayanan yang diberikan meliputi online dan offline.

Kepala Dinas Dukcapil Kab. Buleleng, Made Juartawan, dikonfirmasi pada Rabu (17/4/2024), melaporkan sebanyak 407 pelayanan secara offline dan 191 pelayanan secara online. Pelayanan tidak hanya dilaksanakan di kantor Dinas Dukcapil Buleleng, namun juga pelayanan jemput bola yang dilaksanakan pada tanggal 8, 9, 12, dan 15 April 2024, serta pelayanan di Car Free Day pada tanggal 7 dan 14 April 2024.

Baca Juga :  Sosialisasi Pendaftaran Kewarganegaraan Ganda, Imigrasi Singaraja Sebut Berakhir di Bulan Mei 

Menurut Juartawan, pelayanan Dinas Dukcapil pada libur Lebaran ini disambut antusias oleh masyarakat. Utamanya, bagi masyarakat yang tidak sempat mencari layanan administrasi kependudukan karena kendala waktu dan jarak, seperti masyarakat yang bekerja dan bersekolah di luar Bali. Pihaknya bahkan menyiapkan layanan jemput bola untuk meningkatkan jumlah perekaman e-KTP terhadap anak-anak remaja yang baru saja mencapai usia minimal untuk perekaman.

“Layanan jemput bola kami khususkan bagi anak-anak yang bersekolah di luar Bali seperti pondok pesantren, karena mereka pulang saat libur lebaran,” jelas Juartawan.

Baca Juga :  Pertama Pada RS Daerah di Bali, Lihadnyana Resmikan Layanan Jantung dan Otak Paripurna RSUD Buleleng

Layanan di CFD pun disambut baik oleh para anak remaja di Kabupaten Buleleng, hal ini berbanding terbalik pada saat hari sekolah, sebab anak remaja cenderung enggan melakukan perekaman e-KTP saat mengenakan seragam sekolah.

“Layanan perekaman e-KTP saat CFD disambut antusias oleh para anak muda, karena mereka ingin memakai pakaian bebas rapi yang mereka inginkan, dibanding saat hari sekolah mereka masih pakai seragam,” tambah Juartawan.

Ke depannya, melalui pelayanan ekstra ini, Juartawan berharap angka pelayanan administrasi kependudukan dapat meningkat, utamanya angka perekaman e-KTP. Sehingga meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya generasi muda dalam administrasi kependudukan. (adv/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News