May Day
Badung Semarakkan Hari Buruh Internasional dengan Jalan Santai dan Beragam Program. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, MANGUPURA – Semarak Hari Buruh Internasional atau May Day 2024 mewarnai Kabupaten Badung. Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja setempat menyelenggarakan kegiatan jalan santai dan berbagai program menarik bagi para pekerja/buruh di Badung.

Kegiatan ini berlangsung di Wings Timur Balai Budaya Giri Nata Mandala, Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung, pada Selasa (30/4/2024). Dibuka Bupati Badung yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, I Nyoman Sujendra, S.Pd., M.M., dan dihadiri Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja, Drs. I Putu Eka Merthawan, M.Si., Sekretatris Bali Villa Asosiasi Chapter Badung, I Made Sudiada, Bagian Budaya dan Lingkungan PHRI mewakili Ketua PHRI, Ni Wayan Seriasih, Kabid Perekonomian dan SDA Bappeda Badung, Dwi Putra Sanjaya, Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Badung, Nurul Indahyati, Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Badung, dr. Ni Putu Mirah Lydiawati, Kabid Sarana dan Prasarana Pemberdayaan Industri Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja, Ida Bagus Putu Dharma Wijaya.

Baca Juga :  Pelatihan Mixologi Tingkatkan Kapasitas dan Kompetensi UMKM Badung

Peringatan May Day di Badung merupakan bentuk penghargaan dan apresiasi Pemerintah Kabupaten Badung kepada para pekerja/buruh atas dedikasi dan kontribusi mereka dalam pembangunan daerah.

Kadis Perinaker, Drs. I Putu Eka Merthawan, M.Si., menyampaikan, peringatan May Day Tahun 2024 di Kabupaten Badung diperingati pada Selasa (30/4/2024), dengan melaksanakan berbagai kegiatan positif dengan melibatkan stakeholder baik swasta maupun lembaga pemerintah. Adapun tema peringatan mayday Tahun 2024 secara nasional adalah ‘MAY DAY 2024: kerja bersama wujudkan pekerja/buruh yang kompeten, May Day is Terampil Day’.

Baca Juga :  ITDC Siap Sambut World Water Forum Ke-10

“Jadi, dalam rangka meningkatkan kompetensi para pekerja, karena temanya adalah May Day is Terampil Day, jadi pekerja kompeten adalah hal yang menjadi sasaran utama kami,” ujarnya.

Lebih lanjut Eka Merthawan menerangkan, langkah ini adalah tentu yang pertama memberikan santuan BPJS ketenagakerjaan, yang tahun ini berjumlah 35.000 dengan inovasinya yaitu UCOK (Universal Coverage Ketenagakerjaan), yang kedua juga menyiapkan seluruh pekerja untuk magang, inovasi tersebut MARMER (Magang Kerja Merdeka), jadi magangnya nanti sampai ke Jepang dibiayai oleh Pemkab sedangkan untuk dalam negeri itu kita serahkan semua ke masing-masing LPK sepenuhnya, yang ketiga meningkatkan kompetensi, juga memberikan sertifikasi gratis kepada semua pekerja, khususnya pekerja pariwisata yang dirangkai dengan inovasi SIPATEN (Sertifikasi Pekerja Pariwisata Kompeten) dan tahun ini kami targetkan 6.400 sertifikasi.

Baca Juga :  Bluebird Bali Lakukan Terobosan, dari Ekosistem Transportasi Rendah Emisi Hingga Mobilitas Inklusif

Peserta dari kegiatan May Day ini diikuti oleh 1.000 peserta yang berasal dari 794 perwakilan serikat pekerja yang terdiri dari serikat pekerja pariwisata, serikat pekerja bali, serikat pekerja mandiri, serikat pekerja niaga, bank dan asuransi, dan serikat pekerja pariwisata ekonomi kreatif serta 206 orang pekerja di wilayah Kabupaten Badung.(adv/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News