Rakor Pengamanan
Wawali Arya Wibawa Hadiri Rakor Pengamanan dan Deklarasi Damai Hari Suci Nyepi Caka 1946. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa menghadiri Rapat Kordinasi (Rakor) Pengamanan dan Deklarasi Damai Hari Suci Nyepi Caka 1946 di Gedung Pesat Gatra Polresta Denpasar, Pada Selasa (5/3/2024). Kegiatan yang digagas Polresta Denpasar ini bertujuan untuk membahas strategi pengamanan dalam menyambut perayaan Hari Suci Nyepi Caka 1946. Sehingga seluruh rangkaian Hari Suci Nyepi yang akan jatuh pada tanggal 11 Maret 2024 mendatang dapat berjalan lancar, aman dan damai.

Turut hadir juga dalam kesempatan tersebut Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta, Kapolresta Denpasar, Kombes Pol. Wisnu Prabowo, Dandim 1611 Badung, Kolonel Arh. Teguh Waluyo, Asisten Administrasi Pemerintahan Setda Kota Denpasar, I Made Toya, Kepala Kesbangpol Kota Denpasar, A.A Ngurah Gede Darma Putra Atmaja, Kasat Pol PP Kota Denpasar, A.A Ngurah Bawa Nendra, serta seluruh stakeholder terkait.

Baca Juga :  Gandeng Jurnalis dan Blogger, Astra Motor Bali Kupas Teknologi Honda EM1:e

Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa mengatakan, rapat koordinasi ini dilaksanakan guna memastikan bahwa segala aspek yang berkaitan dengan pengamanan selama perayaan Nyepi Caka 1946. Sehingga nantinya umat Hindu dapat melaksanakan seluruh rangkaian Nyepi dengan lancar dan aman.

“Kita semua memiliki peran penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat selama perayaan ini, adapun beberapa hal yang perlu menjadi perhatian bersama antara lain pengawasan terhadap lalu lintas, pengamanan tempat ibadah, pemantauan wilayah rawan, serta koordinasi yang efektif antar instansi terkait,” kata arya wibawa.

Lebih lanjut, Wawali Arya Wibawa menyampaikan, apresiasinya atas persiapan yang telah dilakukan oleh Polresta Denpasar dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama rangkaian Hari Suci Nyepi. Selain itu pihaknya mengajak seluruh lapisan masyarakat dapat mendukung terciptanya kemanan dan ketertiban masyarakat secara berkelanjutan, khususnya dalam rangkaian Hari Suci Nyepi Caka 1946.

“Kami sangat mengapresiasi upaya Polresta Denpasar dalam memastikan perayaan Nyepi dapat berlangsung dengan aman dan damai bagi semua penduduk Denpasar, saya juga mengajak seluruh warga Kota Denpasar dengan Spirit Vasudhaiva Kutumbakam untuk bersama-sama menjaga keharmonisan dan keamanan selama perayaan Nyepi Tahun Baru Saka 1946,” pungkasnya.

Baca Juga :  Kinerja Industri Jasa Keuangan Provinsi Bali Terjaga dan Tumbuh Positif

Kapolresta Denpasar, Kombes Pol. Wisnu Prabowo menjelaskan, Polresta Denpasar berkomitmennya untuk melakukan pengamanan optimal demi menjaga kenyamanan dan keamanan warga selama perayaan Hari Suci Nyepi Tahun Saka 1946. Dimana, rangkaian upacara akan diawali dengan Kegiatan Melasti pada tanggal 7-8 Maret 2024, dilanjutkan dengan Tawur Agung Kesangan serta Pengerupukan pada tanggal 10 Maret 2024, Nyepi pada tanggal 11 Maret 2024, dan Ngembak Api pada tanggal 12 Maret 2024.

Dikatakannya, dalam rapat tersebut, dibahas pula strategi pengamanan yang meliputi penjagaan titik-titik vital, patroli keamanan, pengaturan lalu lintas, serta koordinasi dengan unsur-unsur keamanan lainnya. Tak hanya itu, kolaborasi dengan berbagai pihak serta stakeholder juga sangat penting dalam mendukung keamanan dan kelancaran Nyepi tahun ini.

Baca Juga :  Ajak Anak Kreativitas Tinggi, Astra Motor Negara Gelar Fashion Show Kartini Cilik

“Kami akan melakukan upaya maksimal untuk memastikan perayaan Nyepi berjalan lancar tanpa gangguan keamanan yang berarti. Kolaborasi dengan berbagai pihak termasuk pemerintah daerah dan instansi terkait akan menjadi kunci keberhasilan dalam menjaga keamanan selama perayaan Nyepi,” ungkap Wisnu Prabowo.

Rapat koordinasi tersebut diakhiri dengan penandatanganan Deklarasi Damai bersama seluruh stakeholder terkait untuk terus berkoordinasi dan berkolaborasi dalam pelaksanaan pengamanan perayaan Nyepi.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News