SPKLU
Selama Pujawali Ida Bethara Turun Kabeh, PLN Lengkapi Fasilitas Kawasan Suci Pura Agung Besakih dengan Charging Station. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KARANGASEM – PLN (Persero) melengkapi fasilitas Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPKLU) untuk mendukung rangkaian pelaksanaan Pujawali Ida Bethara Turun Kabeh (IBTK) di Kawasan Suci Pura Agung Besakih.

Kawasan yang rampung direvitalisasi pada 2023 lalu ini berkomitmen menjadi kawasan ibadah dan pariwisata ramah lingkungan sehingga keberadaan SPKLU diharapkan mampu mendukung komitmen tersebut.

“SPKLU dengan kapasitas 7,7 kW (kilo watt) dipasang untuk memberikan kenyamanan bagi para pengendara kendaraan listrik yang mengunjungi Pura Agung Besakih,” kata I Wayan Udayana, General Manager PT PLN (Persero) UID Bali.

Pihaknya menambahkan, SPKLU ini merupakan tipe DC charging yang merupakan tipe standard charging yang telah dipertimbangkan kompatibilitasnya dengan kendaraan listrik umum yang disediakan sebagai akomodasi oleh pengelola.

Baca Juga :  Modus Hampir Sama, Kali Ini Kantor Desa Tribuana Disatroni Maling

“Jadi melakukan pengisian ulang dengan SPKLU tipe DC yang standard charging ini akan membutuhkan waktu 4 jam dari kondisi baterai 0 persen hingga 100 persen. Bisa dibayangkan saat kendaraan umum yang dioperasikan pada pagi hari telah habis baterainya bisa langsung diisi ulang saat malam hari, sehingga kondisi daya baterai mobil esok paginya bisa terisi dan siap beroperasi kembali,” jelasnya.

Udayana mengatakan, PLN juga memasang 1 unit charging station dengan 8 soket stop kontak charger yang diperuntukkan bagi motor listrik ataupun kebutuhan lainnya baik oleh pengunjung maupun pengelola.

Baca Juga :  PLN Sukses Hadirkan Listrik Aman Selama Masa Libur Idul Fitri 2024 di Bali

“Pengunjung yang membawa motor listrik bisa memanfaatkan fasilitas SPLU ini yang penggunaannya sangat mudah dengan memanfaatkan fitur electric vehicle di aplikasi PLN Mobile,” jelasnya.

Ia berharap dengan adanya SPKLU dan SPLU ini nantinya dapat mendorong masyarakat untuk segera beralih menggunakan kendaraan listrik yang minim emisi dan ramah lingkungan.

“Pembangunan infrastruktur pendukung kami genjot terus sebagai upaya mendukung kebijakan pemerintah serta untuk memotivasi masyarakat agar tak ragu lagi untuk beralih menggunakan kendaraan listrik,” ujarnya.

Kepala Badan Pengelola Fasilitas Kawasan Suci Pura Agung Besakih, I Gusti Lanang Muliarta menyampaikan apresiasinya kepada PLN yang telah memasang infrastruktur pendukung untuk kendaraan umum listrik yang disediakan oleh pengelola.

Baca Juga :  Literasi Keuangan dan Digital Kunci Keamanan Bertransaksi Digital

Dirinya berharap keberadaan SPKLU ini dapat memberikan kemudahan dalam pengisian ulang baterai shuttle bus, buggy, maupun kendaraan listrik yang dibawa sendiri oleh pemedek selama acara Pujawali, sehingga semua makin yakin untuk mendukung kawasan Pura menjadi kawasan yang ramah lingkungan.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News