Tamba-Ipat
Refleksi Tiga Tahun Kepemimpinan Tamba-Ipat, Akselerasi Pembangunan Besar Fokus Buka Ruang Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – 2024 menjadi tahun ketiga kepemimpinan Bupati Jembrana, I Nengah Tamba bersama Wakil Bupati, I Gede Ngurah Patriana Krisna. Dihadapkan dengan waktu yang singkat usai dilantik pada 2021 lalu, Tamba-Ipat fokus pada pembenahan diberbagai sektor serta akselerasi pembangunan bertumpu pada pengimplementasian visi Nangun Sad Kerthi Loka Jembrana.

“Astungkara di tahun ketiga ini banyak sudah capaian yang kita lakukan untuk Kabupaten Jembrana. Baik itu dari sisi infrastruktur, pendidikan, pengembangan SDM, seni dan budaya, penguatan UMKM serta pengembangan destinasi wisata di Jembrana yang bermuara pada kemajuan Kabupaten Jembrana,” ucapnya di hadapan ribuan masyarakat pada malam puncak peringatan HUT ke-3 tahun Kepemimpinan Tamba-Ipat di Gedung Kesenian Ir. Soekarno, Sabtu malam (2/3/2024).

Di samping itu, Bupati Tamba juga mengungkapkan masih banyak pembangunan yang akan dilakukan di Kabupaten Jembrana. Yang tengah berjalan, revitalisasi Pasar Umum Negara, pengembangan kawasan Pelabuhan Perikanan Bali yang terletak di Pengambengan, selanjutnya pengembangan destinasi wisata bertaraf Internasional di Pekutatan dan Polo Berkuda di kawasan TNBB, serta yang terakhir pengembangan Pelabuhan Gilimanuk.

Mengakselerasi ruang-ruang pertumbuhan ekonomi dan ruang kreatif publik, Pemkab Jembrana juga telah memiliki RMU di Subak Tibu Beleng Kecamatan Mendoyo, factory sharing rumah kakao di Desa Kaliakah makin menguhka keberadaan Jembrana sebagai kota cokelat serta gedung sentra tenun di pusat kota sebagai pusat oleh oleh dan produk kreatif UMKM Jembrana.

Baca Juga :  Hanya Tiga di Indonesia, RMU Tibu Beleng Diuji Coba 

Seluruh program besar itu akan seiring dengan rencana pembangunan Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi, sebagai konektivitas yang akan meningkatkan pelayanan distribusi barang dan jasa dari Jembrana menuju pusat kota maupun daerah sekitarnya.

“Mohon doa restu seluruh masyarakat Jembrana, semoga semuanya bisa berjalan on the track, sehingga mimpi besar kita yakni Jembrana Emas 2026 bisa segera terwujud,” ungkapnya.

Dari sisi program, telah banyak  capaian program  yang digulirkan ke masyarakat, wujud memudahkan serta mendekatkan sebagai pemangku layanan.

Diantaranya program Jembrana satu data yang memudahkan mengoleksi data penduduk dengan cepat dan terintegrasi, aplikasi layanan kedaruratan JES, layanan antar obat ke pasien di RSU Negara serta pembukaan poliklinik-poliklinik baru sehingga kian lengkap.

Menuju Jembrana sebagai kabupaten Zero Stunting, Jembrana juga telah memiliki program BAAS, (Bapak/Bunda Asuh Anak Stunting) yang secara bergotong-royong menyalurkan makanan/minuman sehat bagi anak-anak Jembrana dengan kondisi stunting. Serta teranyar sudah diluncurkan layanan transportasi Trans Bahagia yang menyediakan transport gratis bagi anak sekolah dari keluarga kurang mampu.

Baca Juga :  GOW Jembrana Ngayah Rejang Renteng, Serangkaian Karya Ida Bhatara Turun Kabeh Pura Besakih

“Kami sangat bersyukur selama 3 tahun kepemipinan Tamba-Ipat ini segala kebijakan dan program kerja mendapat respon, apresiasi, pengakuan, dan penghargaan dari masyarakat, pemerintah, dan lembaga,” terangnya.

Selama tiga tahun ke belakang, Kabupaten Jembrana telah menerima beberapa penghargaan di tingkat nasional dari berbagai kementerian, badan dan lembaga.

Bupati Tamba membeberkan selama 3 tahun kepemimpinan itu setidaknya Jembrana telah meraih sebanyak 31 penghargaan tingkat nasional maupun provinsi. Terbanyak pada tahun 2023 ini sebanyak 15 penghargaan nasional diraih, melebihi penghargaan tahun sebelumnya.

Diantaranya Penghargaan Kabupaten Layak Anak Kategori Nindya nasional, 10 Besar Desa Wisata Terbaik Katagori Souvenir Dalam Ajang ADWI 2023, Penghargaan Anugrah BKN Award Kategori Utama Implementasi Norma Standar Prosedur dan Kriteria (NSPK) ASN Terbaik, Penghargaan Wiyata Dharma Madya Tingkat Nasional untuk Bunda Paud Jembrana.

Serta Penghargaan Kabupaten Sehat (Swasti Saba) Dari Kementrian Kesehatan RI, Penghargaan Desa Cinta Statistik (Desa Cantik yang diperoleh oleh Desa Warnasari dan sebagai TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik 2023 (JEMBRANA KEDAS) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) pada kompetensi Inovasi Pelayanan Publik 2023,

Baca Juga :  Cek Kesiapan Hadapi Arus Mudik, Bupati Tamba Dampingi Kapolri Tinjau Pelabuhan Gilimanuk

Di tingkat provinsi, Kabupaten Jembrana merupakan Daerah dengan Survey Kepuasan Masyarakat tahun 2022 tertinggi di Provinsi Bali oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara, Peringkat 2 Paritrana Award Provinsi Bali oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara serta capaian opini WTP dari BPK RI berturut turut.

“Atas seluruh pencapaian kinerja pembangunan Pemerintah Kabupaten Jembrana, saya bersama Wakil Bupati, I.G.N Patriana Krisna menghaturkan Suksmaning Manah, terima kasih yang setulus-tulusnya kepada Forkopimda Jembrana, Sekda, ASN di lingkungan Pemkab Jembrana, pimpinan instansi vertikal, para prebekel, bendesa, penglingsir serta masyarakat atas segala dukungan, partisipasi, dan dedikasinya secara bersama-sama untuk membangun Kabupaten Jembrana,” tandasnya.

Malam puncak peringatan HUT Kepemimpinan Tamba-Ipat yang ketiga berlangsung sangat meriah. Selain diisi artis dan band lokal Jembrana juga diisi dengan artis dan band papan atas Bali, seperti Budi Arsa, DJ mahesa, serta Kiss Band. Penampilan hiburan itu menyedot antusiasme ribuan masyarakat Jembrana hingga pertunjukan selesai pada tengah malam di areal Gedung Kesenian Bung Karno.(ang/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News