WASBANG _
Ratusan Siswa SMA/SMK/Madrasah Calon Paskibraka di Buleleng Ikuti Test Wawasan Kebangsaan Pancasila. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Test wawasan kebangsaan adalah salah satu aspek penting dalam menilai kelolosan peserta seleksi Paskibraka di Kabupaten Buleleng menuju tahap selanjutnya. Dimana dalam tes ini menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) dan mengambil soal-soal dari Bank Soal yang disediakan secara online oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Pusat.

Tak tanggung-tanggung sebanyak 238 siswa siswi dari seluruh SMA/SMK dan Madrasah se-Buleleng yang sudah lolos administrasi mengambil bagian mengikuti test tersebut yang berlangsung selama 2 hari dari 13-14 Maret 2024 di SMK Negeri 2 Singaraja. Dimana jumlah ini mengalami peningkatan yang sangat signifikan dari tahun sebelumnya.

Baca Juga :  Cegah Data Tercecer, Pemkab Buleleng Bentuk Relawan Pendataan Kemiskinan

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Komang Kappa Tri Aryandono ditemui disela pemantauan seleksi wawasan kebangsaan mengatakan bahwa ada peningkatan signifikan jumlah peserta seleksi tahun ini dua kali lipat. Hal itu didasari juga dari juknis BPIP Pusat sehingga hasilnya sangat transparan dan langsung kelihatan hasilnya.

“Tidak seperti sebelumnya yang menggunakan sistem manual, kini karena sudah diatur pusat jadi sudah ditentukan nilai passing grade  diatas 70% dipastikan lulus ketahap selanjutnya dan seluruh sekolah boleh mengikutinya,” ucapnya.

Baca Juga :  Sambut Hardiknas Tahun 2024, Ayu Kristi Arya Wibawa Buka Workshop Peningkatan Kompetansi Guru PAUD

Kaban Kappa menyebutkan bahwa Pemkab Buleleng pada tahun ini menargetkan 70 peserta anggota Paskibraka. Dimana setelah tahapan seleksi wawasan kebangsaan pada hari ini akan dilanjutkan tes wawasan intelejensi, kesehatan, parade, PBB dan terakhir tes kepribadian minat dan bakat sesuai jadwal yang sudah ditetapkan.

Semangat membara dikemukakan oleh salah satu peserta seleksi dari Sekolah SMA Negeri 2 Busungbiu Anak Agung Gede Wira Putra. Ia mengatakan bahwa sudah melakukan persiapan jauh-jauh hari saking tekadnya yang sangat ingin menjadi anggota Paskibraka.

Baca Juga :  Modus Pinjam Korek, Fajar Mencuri Untuk Modal Slot dan Beli Narkoba

“Saya terus berlatih di sekolah, baik dari baris berbaris dan mempersiapkan soal untuk tes hari ini. Saya yakin bisa menjadi anggota Paskibraka,” harapnya penuh optimis. (adv/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News