Longsor
Puluhan KK Desa Ban Nyaris Terisolir Akibat Jalan Tertutup Longsor. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KARANGASEM – Puluhan Kepala Keluarga (KK) di wilayah Banjar Dinas Jatituhu, Desa Ban, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem nyaris terisolir total akibat sejumlah titik akses jalan utama tertutup material tanah longsor pada, Selasa (5/3/2024).

Informasi yang diperoleh, tanah longsor terjadi sedikitnya di tujuh titik berbeda pada satu ruas jalan yang sama usai wilayah Desa Ban dan sekitarnya di guyur hujan deras. Banyaknya titik longsor kemungkinan juga dipengaruhi kondisi tanah yang cukup labil khususnya di wilayah Jatituhu.

Baca Juga :  Curi HP, Lelaki Asal Bungaya Diringkus Polsek Selat

Akibat kejadian tersebut sekitar 95 kepala keluarga (KK) nyaris terisolir, beruntung ada jalur alternatif meski sedikit lebih jauh serta hanya bisa dilalui roda dua saja sehingga akses lalulintas di wilayah tersebut tidak lumpuh total.

Kalaksa BPBD Karangasem, Ida Bagus Ketut Arimbawa membenarkan adanya kejadian longsor yang nyaris membuat puluhan kepala keluarga terisolir di Desa Ban. Ia mengatakan, dari hasil koordinasi yang dilakukan dengan PUPR Karangasem rencananya pembersihan material longsor akan ditangani menggunakan alat berat.

“Karena status jalan kabupaten, kita berkordinasi dengan PUPR Karangasem, besok akan ditanggani dengan alat berat, sementara untuk sepeda motor masih bisa melintas sehingga warga tidak terisolir total,” kata Arimbawa.(st/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News