Aman
Naik Motor Saat Angin Kencang, Wajib Perhatikan Ini Agar Selalu #Cari_Aman. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Kondisi ekstrem dan angin kencang perlu diwaspadai oleh pengendara karena akan membahayakan bahkan bisa beresiko kecelakaan. Penting untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan atau yang mungkin bisa terjadi selama kondisi cuaca buruk sehingga bisa tetap berkendara dengan aman. Angin kencang juga bisa mengganggu konsentrasi pengendara, sehingga meningkatkan potensi terjadinya kecelakaan

Untuk memastikan keselamatan saat di jalan raya, Safety Riding Instructor Astra Motor Bali, Yosepth Klaudius memberikan beberapa yang wajib diperhatikan agar tetap aman sampai tujuan, sebagai berikut  :

Prediksi Bahaya

Wajib untuk menganalisa jalan yang akan dilewati apakah banyak pohon yang mudah patah terkena angin atau benda-benda yang mudah terbang kena angin dan memperkiraan kecepatan angin, apabila terlalu kencang dan sepeda motor tidak kuasa untuk menahan maka keputusan yang paling baik adalah berhenti sejenak untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Carilah tempat teduh atau tempat istirahat sejenak sehingga merasa aman saat terpaan angin semakin kencang. Kalaupun tetap berkendara tetap waspada dan menjaga keseimbangan.

Baca Juga :  Kelurahan Peguyangan Sinergikan Posyandu dan Giat Kelola Sampah Anorganik

Gunakan Safety Gear

Persiapan berkendara dengan melengkapi diri mulai dari safety gear (jas hujan model 2 piece, helm dengan visor bening, jaket, sarung tangan, dan sepatu). Penggunaan ini akan membantu untuk melindungi pengendara saat berada di jalan raya dengan kondisi ekstrim, jangan menggunakan jas hujan tipe one piece yang tidak stabil saat terkena angin.

Pastikan kondisi Motor Baik

Sebelum menggunakan sepeda motor, pastikan juga kondisi motor dalam keadaan baik, mulai dari sistem pengeremannya, kondisi ban, lampu berfungsi dengan baik, kondisi cover-cover motor dalam keadaan baik. Disarankan untuk rutin melakukan perawatan sepeda motor Honda ke AHASS.

Baca Juga :  Wawali Arya Wibawa Pimpin Peringatan Hari Otoda di Kota Denpasar, Dua Penghargaan Nasional Diterima Wali Kota Jaya Negara

Jaga Jarak Aman

Penting untuk memperhatikan jarak dan kondisi di jalan raya, prediksikan jarak yang aman dengan keputusan mengurangi atau menambahkan kecepatan. Berkendara dalam kondisi angin kencang pandangan harus fokus untuk bisa menentukan jaga jarak yang aman, kenali arah angin, jika angin berhempas dari sisi depan atau belakang, kemungkinan pengendara akan terhempas sedikit, mesti waspada dan jaga keseimbangan.

“Tidak dipungkiri cuaca yang tiba-tiba berubah tidak bisa diprediksi, agar selamat hingga tujuan tetaplah #Cari_Aman dengan menjalankan safety riding yang baik saat mengendarai sepeda motor, jangan egois di jalan raya, perhatikan pengendara yang lain sehingga tujuan untuk selamat berkendara dimulai dari diri sendiri,” tutup Yoyo.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News