Wirausaha Muda
Disdikpora Badung Gelar Pelatihan Wirausaha Muda, Ciptakan Generasi Mandiri dan Berdaya Saing. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, MANGUPURA – Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Badung kembali menyelenggarakan kegiatan kewirausahaan bertajuk ‘Pelatihan Wirausaha Muda Pemula di Kabupaten Badung Tahun 2024’. Bertempat di Ruang Aula Gedung Pertemuan Kwarcab Kabupaten Badung, Jl. Raya Kerobokan, Kuta Utara, Rabu (20/3/2024).

Analis Kebijakan pada Bidang Kepemudaan dan Olahraga Disdikpora Kabupaten Badung, Dewa Made Muarta dalam laporannya menyatakan, kegiatan yang dilaksanakan ini merujuk kepada Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan dan Peraturan Pemerintah RI Nomor 41 Tahun 2011 Tentang Pengembangan Kewirausahaan dan Kepeloporan Pemuda Serta Penyediaan Prasarana dan Sarana Kepemudaan.

“Tujuan diselenggarakan pelatihan ini adalah salah satu upaya untuk menciptakan wirausaha muda yang mandiri dan berdaya saing serta membudayakan semangat, sikap, perilaku, dan kemampuan kewirausahaan di kalangan generasi muda yang mampu bersaing, handal dan unggul,” ucap Dewa Made Muarta.

Pelatihan Wirausaha Muda Pemula di Kabupaten Badung kali ini berjumlah 100 orang peserta yang berasal dari siswa SMA/SMK, organisasi kepemudaan, serta unsur kepemudaan.

Baca Juga :  Gandeng Tiga Perempuan Hebat, IndoLinen Gelar Talkshow untuk Edukasi dan Inspirasi

“Pelaksanaanya dibagi dalam dua angkatan. Masing-masing angkatan berjumlah 50 orang peserta. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari. Angkatan pertama dilaksanakan pada 20-21 Maret 2023. Angkatan kedua dilaksanakan 26-28 Maret 2024. Pelatihan ini menghadirkan narasumber dari kalangan birokrat, akademisi dan praktisi di bidangnya,” jelas Dewa Made Muarta.

Pembukaan Pelatihan Wirausaha Muda Pemula ditandai dengan penyematan tanda peserta oleh Kepala Bidang Kepemudaan dan Olahraga, I Gede Suarjaya disaksikan oleh I Made Suartana selaku Sekretaris KNPI Badung, Dewa Ardita Wakil selaku Ketua KNPI Badung, Ni Kadek Santika Pradnyanita  selaku Anggota Karang Taruna Kecamatan Mengwi, serta Ayu Putu Ariani selaku Fungsional Pengembang Kewirausahaan Diskopukm Kabupaten Badung.

Baca Juga :  Fasilitasi Pendaftaran HAKI, Sekda Dewa Made Indra Harap Terbangun Lembaga Kolaboratif Yang Mewakili Seluruh Sektor

Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Badung dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Bidang Kepemudaan dan Olahraga, I Gede Suarjaya mengatakan, tingkat pengangguran di Indonesia saat ini masih cukup tinggi terutama pengangguran di kalangan terdidik. Fenomena pengangguran di kalangan terdidik selain disebabkan karena terbatasnya lapangan pekerjaan, juga disebabkan karena tidak sinkronnya kualifikasi lulusan dengan kebutuhan pasar tenaga kerja/usaha (link and match). Hal tersebut juga sekaligus menjelaskan masih rendahnya tingkat kewirausahaan yang dapat dihasilkan dari dunia pendidikan.

Wisausaha Muda
Disdikpora Badung Gelar Pelatihan Wirausaha Muda, Ciptakan Generasi Mandiri dan Berdaya Saing. Sumber Foto : Istimewa

“Pemerintah Kabupaten Badung melaui Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga berupaya pengembangan kewirausahaan khususnya di usia pemuda melalui kegiatan pelatihan wirausaha muda pemula. Kegiatan pelatihan ini harus terus digalakkan sebagai salah satu unsur penting dalam upaya menciptakan wirausaha muda yang tangguh dan berdaya saing sesuai dengan perkembangan zaman,” ungkap Suarjaya.

Baca Juga :  Kwarcab Badung Gelar Karya Bakti Lebaran 2024

Pihaknya berharap kepada seluruh peserta pelatihan agar mengikuti pelatihan ini dengan baik, tekun, serius, dan bersungguh-sungguh sehingga akan mampu mendapat wawasan dari narasumber untuk membangun harapan yang optimis dalam menciptakan bisnis masa depan.

“Kalau ingin sukses di bidang apapun termasuk di bidang bisnis, maka bergabunglah saudara pada barisan orang yang optimis, yang berfikirnya positif yang jiwanya terang dan mau bekerja untuk mengejar sukses,” tutup Suarjaya.(adv/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News