Bengkel Mesin Kapal
Bantu Majukan Ekonomi Nelayan Tanah Ampo, Pertamina Hadirkan Bengkel Mesin Kapal. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KARANGASEM –  Kolaborasi antara PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus melalui Integrated Terminal Manggis dan PT Pertamina Lubricants hadir untuk membantu mengatasi permasalahan menahun nelayan Tanah Ampo melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) ‘Pertamina Sahabat Nelayan’. Program ini mendorong masyarakat pesisir terutama nelayan untuk mandiri dan memiliki kemampuan problem solving terkait kerusakan mesin kapal.

Setelah proses berjalan, Rabu (6/3/2024) PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus melalui Integrated Terminal Manggis dan PT Pertamina Lubricants bersama dengan KUB Nalayan Tanah Ampo menyelengarakan peresmian program ‘Pertamina Sahabat Nelayan’. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Kabupaten Karangasem, Kepala Balai Latihan Kerja Karangasem, Perbekel Desa Ulakan, Bendesa Tanah Ampo, dan 4 KUB Nelayan Tanah Ampo.

Kegiatan dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan tari sekar jagat sebagai bentuk peyambutan dan pembukaan kegiatan yang dilakukan oleh anak-anak Nelayan Tanah Ampo. Kemudian dilakukan seremonial penandatanganan Surat Perjanjian Kerja Sama antara Pertamina dan KUB Nelayan yang disaksikan oleh I Putu Budiarta selaku Bendesa Desa Ulakan dan I Ketut Sumendra selaku Perbekel Desa Ulakan.

Pengembangan Bengkel Sahabat Nelayan ini, disambut dengan gembira oleh seluruh nelayan yang ada di Tanah Ampo.

Baca Juga :  Promo Ketupat, Pilihan Tepat Untuk Punya Motor Honda Baru 

“Setiap kali mesin kami rusak, kami selalu bawa mesin ke Kusamba di Klungkung yang jaraknya 12 km. Melepas mesin kapal lalu membawanya dengan sepeda motor ke Kusamba. Namun setelah adanya bengkel nelayan ini, kami sangat terbantu, kami hanya tinggal menyadarkan kapal kami dan menghemat pengeluaran kami juga,” ujar Komang Gelgel, nelayan Tanah Ampo.

Senada dengan kelompok nelayan, I Ketut Sumendra selaku Perbekel Desa Ulakan mengapresiasi kegiatan yang telah dilaksanakan Pertamina Sahabat Nelayan.

Bengkel Mesin Kapal
Bantu Majukan Ekonomi Nelayan Tanah Ampo, Pertamina Hadirkan Bengkel Mesin Kapal. Sumber Foto : Istimewa

“Sampai saat ini, kami belum pernah menerima bantuan seperti ini untuk nelayan kami. Dengan hadirnya Pertamina membantu nelayan kami, amat sangat membantu masyarakat yang hasil akhirnya tentunya akan membantu meningkatkan perekonomian kami,” ujarnya.

Area Manager Comm., Rel, & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus, Ahad Rahedi pada acara peresmian menyampaikan, Pertamina Sahabat Nelayan dibangun dengan mempertimbangkan komitmen ESG Pertamina Go Sustainable dan menyasar prioritas 1 dan 8 dari Sustainable Development Goals (SDGs), yakni Menghapus Kemiskinan, Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi.

Pertamina Sahabat Nelayan memfasilitasi nelayan Tanah Ampo untuk melakukan pengelolaan Bengkel Sahabat Nelayan. Kolaborasi ini dituangkan  dalam beberapa tahapan bantuan antara lain: pemberian pelatihan keterampilan perbengkelan mesin kapal bekerja sama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) Karangasem, pemberian modal usaha kerja berupa toolkits dan pembangunan workshop bengkel sahabat nelayan yang terletak di kawasan pantai Tanah Ampo Desa Ulakan.

Baca Juga :  Terlibat Kecelakaan, Pemotor Asal Amed Tewas di Lokasi Kejadian

“Dengan adanya kolaborasi ini, harapan kami dari Pertamina Group, kesejahteraan nelayan di Tanah Ampo bisa meningkat terutama peningkatan pendapatan rumah tangga para nelayan. Keberadaan bengkel Pertamina Sahabat Nelayan Tanah Ampo ini tidak hanya bisa memudahkan nelayan Tanah Ampo tetapi juga memudahkan nelayan-nelayan di Karangasem untuk memperbaiki dan merawat mesin kapal mereka. Perusahaan juga berkomitmen untuk mendorong terbentuknya kelompok nelayan yang mandiri dengan meningkatkan keterampilan kelompok untuk memperbaiki mesin kapal, dengan keterampilan tersebut kami berharap para nelayan mampu membuka peluang baru untuk meningkatkan perekonomian di Tanah Ampo,” tutup Ahad.(gr/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News