Safety Riding
Atasi Blind Spot di Jalan Raya, Puluhan Siswa Dapatkan Edukasi #Cari_Aman. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Istilah blind spot adalah titik yang tidak terjangkau dari penglihatan. Memahami cara mengatasi blind spot adalah wajib menjadi perhatian pengendara, karena hal ini cukup berbahaya dan tidak jarang menjadi salah satu penyebab terjadinya kecelakaan. Setiap kendaraan pasti memiliki area blind spot begitu juga sepeda motor.

Materi ini menjadi bahan pembelajaran yang dilakukan oleh team safety riding Astra Motor Bali di SMKN 3 Singaraja, Rabu (27/3/2024) lalu.

Dengan diikuti 75 siswa, penyampaian materi yang di kemas dengan seminar edukasi safety riding mendapat perhatian dari seluruh peserta. Banyak pertanyaan yang diutarakan yang menunjukkan antusias siswa terharap edukasi yang diberikan.

Dalam materi yang di sampaikan Safety Riding Instructor, Yosepth Klaudius, kepada peserta diingatkan ada beberapa faktor yang menyebabkan adanya perbedaan titik buta (blind spot) adalah jangkauan spion yang cukup terbatas, muatan yang dibawa menghalangi pandangan, dan desain kendaraan yang juga berbeda-beda, misal saja truk didepan pengendara lantaran berdimensi besar, kendaraan jenis ini memiliki area blind sport yang besar. Untuk itu setiap pengemudi sudah seharusnya memperhitungkan titik butanya masing-masing.

Baca Juga :  Eksekutif dan Legislatif Provinsi Bali Saling Dukung Bahas 2 Raperda Menjadi Perda

“Blind spot antara kendaraan satu dengan lainnya berbeda-beda banyak faktor penyebabnya. Saat berkendara dengan sepeda motor, penggunaan spion adalah hal yang sangat penting dalam safety riding, sebab dengan spion blind spot bisa dikurangi. Sering kali pengendara kurang berhati-hati ketika berada disamping atau belakang kendaraan yang berukuran besar.Untuk itu selalu #Cari_Aman di mana pun berada khususnya untuk siswa-siswa di SMKN 3 Singaraja yang masih memiliki gejolak anak muda yang harus lebih bersabar saat berkendara di jalan raya,” ungkap Yoyo.

Pelaksanaan edukasi safety riding dilakukan dengan teori dan contoh melalui video movie tentang keselamatan berkendara. Selain memahami posisi blind spot suatu kendaraan, pengendara juga harus menerapkan #Cari_Aman untuk meminimalisir resiko kecelakaan.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News