Mira

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Hasil kreativitas dan inovasi pada suatu daerah terbukti telah banyak memberikan manfaat bagi masyarakat disekitar dan lingkungannya, untuk mengapresiasi hal tersebut Pemkab Buleleng melalui Balitbang Inovda akan mengkompetisikan inovasi tersebut melalui Lomba Kreasi Inovasi Daerah Kabupaten Buleleng  berhadiah puluhan juta rupiah yang pada saat ini masih dalam tahap Rapat Koordinasi yang dilaksanakan di Ruang Rapat Balitbang, Senin (25/3/2024).

Rakor tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Bidang Inovasi dan Teknologi, Made Mira Tri Yulia Ida Justisiana didampingi JFT Analis Kebijakan, I Putu Adhy Wicaksana Indra Saputra membahas mekanisme dari penjurian lomba tersebut yang menggandeng akademisi dari perguruan tinggi ternama di Buleleng.

Baca Juga :  Pj Bupati Buleleng Serahkan Bantuan Kelistrikan untuk Masyarakat Kurang Mampu

Ditemui usai kegiatan, Kepala Bidang Inovasi dan Teknologi,  Made Mira Tri Yulia Ida Justisiana menjelaskan jika lomba ini nantinya merujuk pada peningkatan Indeks Inovasi Daerah yang diselenggarakan oleh Kemendagri RI, serta merangsang masyarakat untuk menciptakan inovasi yang secara otomatis menciptakan pola pikir sejak dini untuk menghasilkan ide sesuai dengan pemikiran mereka masing–masing.

Lomba ini pun juga bisa sebagai pengembangan kreativitas dan kemampuan inovasi perangkat daerah dan masyarakat  yang ditujukan untuk meningkatkan daya saing dalam menciptakan produk unggulan inovasi dan teknologi. Sehingga akan berdampak pada kehidupan sosial dan ekonomi, terutama berdampak pada pendapatan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga :  Rakor Penanggulangan Kemiskinan, Bappeda Buleleng Catat Penurunan Angka Kemiskinan

“Antusias selama ini masyarakat banyak yang bertanya pada saat ingin mendaftar ini membuktikan bahwa masyarakat Buleleng banyak yang memiliki ide atau pola pikir yang inovatif,” jelasnya.

Adapun kategori dari lomba ini terbagi menjadi 2 yaitu Kategori Perangkat Daerah (terdiri dari Perangkat Daerah se-Kabupaten Buleleng), dan Kategori Masyarakat (terdiri dari PTN/PTS di Kabupaten Buleleng, SMA/SMK se-Kabupaten Buleleng, serta Masyarakat/Kelompok Masyarakat Kabupaten Buleleng) yang akan mengirimkan inovasi baik jenisnya Digital maupun non–Digital dengan mengumpulkan pada link https://bit.ly/m/inovda2024.

Proses penilaiannya nanti, akan dipilih 10 peserta peraih nilai tertinggi, dan dilanjutkan dengan verifikasi/peninjauan ke lapangan untuk memastikan kreativitas-inovasi yang diusulkan original serta pelaksanaan inovasi di lapangan yang kemudian ditetapkan 3 terbaik dari kategori perangkat daerah, maupun masyarakat yang akan diberikan hadiah uang tunai dan piagam. Untuk Juara 1 sebesar Rp7 juta, juara 2 sebesar Rp6,5 juta, dan juara 3 sebesar Rp6 juta.

“Proses penjaringan kita targetkan rampung pada awal April ya, serta hadiahnya sangat menarik dan tentunya hal ini akan berkelanjutan tidak berhenti saat lomba saja,” tutupnya.(adv/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News