2.300 Bintang Muda Sepak Bola Siap Berkompetisi di Barati Cup Bali 2024
2.300 Bintang Muda Sepak Bola Siap Berkompetisi di Barati Cup Bali 2024. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, GIANYAR – Sebanyak 2.300 peserta berusia 12-14 tahun dari 120 tim yang mewakili 14 Provinsi dan 1 Negara ASEAN siap mengikuti turnamen Barati Cup Bali 2024 di BU Training Ground, yang akan berlangsung pada tanggal 2-5 Maret 2024.

Kompetisi sepak bola kelompok usia terbesar di Indonesia ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan program Bangga Merah Putih (Barati) Mendunia.

Turnamen ini juga akan menjadi ajang seleksi untuk skuad BARATI 2024 yang akan berkompetisi di World Youth Cup – Gothia Cup di Swedia pada bulan Juli 2024 mendatang.

Barati Cup Bali 2024 akan berlangsung selama 4 hari dengan total 240 pertandingan yang menggunakan 9 lapangan.

Baca Juga :  PLN Mobile Proliga 2024 Siap Digelar, Kolaborasi Dukungan Untuk Pengembangan Voli di Tanah Air

Pada hari pertama dan kedua, tim KU-12 dan KU-13 akan dibagi menjadi 11 grup, sedangkan KU-14 akan dibagi menjadi 8 grup. Setiap tim di setiap Kelompok Umur akan bertanding satu sama lain. Sementara itu, pada hari ketiga dan keempat, akan dilaksanakan pertandingan sistem gugur untuk menentukan juara turnamen.

Krisna Wisnu Marsis selaku CEO Barati Mendunia, mengatakan bahwa dalam ajang tahun ini, selain seleksi pemain, juga akan dilakukan pencarian pelatih yang akan mendampingi setiap Kelompok Umur (KU) 12, 13, dan 14 tahun selama kompetisi di Swedia.

Baca Juga :  Upacara Ngaben Pande Ketut Krisna, Pencipta Kaos Barong yang Legendaris

“Inisiatif baru ini diharapkan dapat mendukung program pemerintah, terutama Kemenpora dan PSSI, dalam pengembangan sumber daya manusia di bidang sepak bola,” ujar Krisna.

Proses seleksi skuad Barati akan dilakukan oleh Coach Indra Sjafri untuk memilih 52 pemain terbaik. Para pemain ini nantinya akan dipersiapkan melalui Training Center di Jakarta sebelum berangkat ke Swedia.

Untuk memudahkan proses seleksi, Direktur Bangga Merah Putih Mendunia, Desty R Nathalia, memaparkan akan menggunakan teknologi sport science kelas dunia seperti Catapult. 

“Jadi pemain bisa dipantau melalui data statistik untuk membantu scouting yang akan dipimpin oleh Coach Indra Sjafri,” ungkap Desty.

Baca Juga :  Manfaatkan Kekuatan CBR250RR, Pebalap Astra Honda Kibarkan Merah Putih di ARRC China

Barati Mendunia adalah program inkubator bakat sepak bola yang didasarkan pada semangat nasionalisme, yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang profesional, menyenangkan, dan aman bagi pengembangan bakat sepak bola usia dini.

Ini adalah tahun kedua Barati Mendunia menyelenggarakan turnamen Barati Cup di Bali dan saat peluncuran program Desember pada tahun lalu dihadiri oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Dito Ariotedjo.(tis/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News