Kompetisi Burung Berkicau
1.500 Ekor Burung Ramaikan Kompetisi Burung Berkicau Memperebutkan Piala Wali Kota Denpasar. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Pertanian berkolaborasi dengan Kolibri Ninja Indonesia Chapter Denpasar-Bali, menyelenggarakan Lomba Burung Berkicau di Lapangan Lumintang, pada Minggu (3/3/2024).

Sebanyak 1500 ekor burung ikut meramaikan gelaran kompetisi yang memperebutkan Piala Wali Kota Denpasar tersebut.

Hadir dalam kesempatan itu, Staf Ahli pada Sekretariat Daerah Kota Denpasar, I Nyoman Artayasa, Kepala Dinas Pertanian Kota Denpasar, A.A Gde Bayu Brahmasta, Ketua Kolibri Ninja Indonesia Chapter Denpasar-Bali, A.A Gde Lanang Ngurah Kresnawan, serta pihak terkait lainnya.

Pada sambutan Wali Kota Denpasar yang dibacakan oleh Staf Ahli pada Sekretariat Daerah Kota Denpasar, I Nyoman Artayasa, disebutkan, Indonesia memiliki jenis burung yang menurut data, berjumlah tidak kurang dari 1.770 jenis. Dan ini merupakan potensi luar biasa yang bisa menjadi kekayaan hayati Nusantara.

Baca Juga :  Sasar Penyandang Disabilitas dan Lansia, Wawali Arya Wibawa Salurkan Paket Sembako Dari Kementerian Sosial

“Pemkot Denpasar mengapresiasi penyelenggaraan Lomba Burung Berkicau ini. Hal ini selain bisa kita jadikan sebagai ajang silaturahmi antara pecinta burung, juga dapat kita jadikan sebagai langkah dalam upaya pelestarian atau konservasi dari burung yang memiliki jenis begitu banyak,” katanya.

Selain upaya konservasi, Lomba Burung Berkicau juga diharapkan akan mampu membangkitkan sektor ekonomi kreatif yang ada di Kota Denpasar.

“Kompetisi ini juga kita harapkan akan mampu memberikan kontribusi pada ekonomi kreatif dan juga pariwisata di Kota Denpasar,” tambahnya.

Ketua Kolibri Ninja Indonesia Chapter Denpasar-Bali, A.A Gde Lanang Ngurah Kresnawan, yang ditemui di lokasi kegiatan menjelaskan, peserta pada perlombaan ini berasal dari wilayah Bali dan juga Jawa Timur.

“Jumlah burung yang ikut pada perlombaan ini sekitar 1500 ekor yang berasal dari Bali dan Jawa Timur. Semua peserta akan melewati tahap penilaian oleh dewan juri, dan nantinya pemenang akan diumumkan di hari Senin, 4 Maret 2024 melalui laman media sosial,” ujarnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News