Upacara Pecaruan
Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara saat menghadiri sekaligus ngelinggihin Daksina pada Upacara Pecaruan, Melaspas Bale Gede, dan Pujawali Ratu Gede Penyarikan yang dilaksanakan di Banjar Gelogor, Desa Adat Denpasar, Kelurahan Pemecutan, Sabtu (3/2/2024). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara menghadiri Upacara Pecaruan, Melaspas Bale Gede, dan Pujawali Ratu Gede Penyarikan yang dilaksanakan di Banjar Gelogor, Desa Adat Denpasar, Kelurahan Pemecutan, bertepatan dengan Rahina Tumpek Wariga, Sabtu (3/2/2024). Upacara tersebut dilaksanakan setelah rampungnya pengerjaan Bale Gede di Balai Banjar Gelogor.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Jaya Negara turut serta ngelinggihin daksina dalam upacara tersebut. Tampak hadir Anggota DPRD Kota Denpasar, Cynthia Febriani, Camat Denpasar Barat, I.B Made Purwanasara, Lurah Pemecutan, Agus Yudi Kusumajaya, Bendesa Adat Denpasar, A.A.N Alit Wirakesuma, serta krama adat Banjar Gelogor.

Baca Juga :  “Energi Untuk Negeri” Penerima Beasiswa Bank Indonesia Tahun 2024, Wujud Semangat Masa Depan SDM Unggul di Bali

Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara mengatakan, pelaksanaan upacara Pemelaspasan, Pecaruan, serta Pujawali Ratu Gede Penyarikan ini sebagai landasan masyarakat khususnya di Banjar Gelogor untuk meningkatkan Sradha Bhakti kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Tentunya hal ini merupakan wujud sinergitas dan gotong-royong sesuai dengan sepirit Vasudhaiva Kutumbakam.

“Selain untuk meningkatkan nilai spiritual, semoga dengan adanya Bale Gede ini juga diharapkan ke depannya dapat digunakan secara baik dalam upacara keagamaan sehingga dapat memberikan dampak yang positif khususnya pada mastarakat di banjar Gelogor,” ujar Jaya Negara.

Baca Juga :  Kapenrem 163/Wira Satya Mendorong Peran Positif Media Massa dalam Pembangunan Demokrasi

Sementara Ketua Panitia Karya yang juga sebagai Prajuru Adat Banjar Gelogor, Putu Yudi Pranata menjelaskan bahwa Upacara Pecaruan, Melaspas Bale Gede, dan Pujawali Ratu Gede Penyarikan Banjar Gelogor, Desa Adat Denpasar ini dilaksanakan setelah rampungnya renovasi Bale Gede. Upacara ini juga dirangkaikan dengan Pujawali yang dipuput oleh Ida Rsi Bhujangga Waisnawa Kertha Bhuana, Griya Batur Giri Murti.

“Tentu kami berharap kedepannya dengan pelaksanaan ini agar dapat mempererat tali persaudaraan, terlebih bale gede ini konsepnya selain untuk upacara keagamaan juga sebagai tempat untuk bertukar pendapat oleh para penglingsir serta prajuru adat sehingga diharapkan dapat memancarkan energi positif kepada warga Banjar Gelogor,” pungkas Yudi Pranata.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News