Tridatu
Wali Kota Denpasar Buka Pameran Gema Tridatu Serangkaian HUT ke-236 Kota Denpasar. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara membuka secara resmi Pameran Gelar Bersama Industri dan Perdagangan Bermutu (Gema Tridatu) yang ditandai dengan pemotongan pita di Kawasan Depan Museum Bali Denpasar, Jumat (16/2/2024). Kegiatan yang merupakan bentuk dukungan UMKM Denpasar naik kelas ini merupakan serangkaian menyambut HUT ke-236 Kota Denpasar.

Tampak hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa, Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede, Sekda Kota Denpasar, IB. Alit Wiradana, Ketua Dekranasda Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara, Wakil Ketua Dekranasda, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa dan Ketua DWP Kota Denpasar, Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana.

Tampak hadir pula Kepala Dinas Perikanan dan Ketahan Pangan Kota Denpasar, IB. Mayun Suryawangsa, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Denpasar Ni Nyoman Sri Utari beserta seluruh OPD Kota Denpasar.

Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara mengatakan, kegiatan Pameran Gema Tridatu serangkain HUT ke-236 Kota Denpasar ini merupakan salah satu cara untuk menekan inflasi yang ada di kota denpasar. Dimana dalam pameran ini turut menjual bahan-bahan kebutuhan pokok dengan harga lebih murah dibandingkan harga pasaran terutama beras. Terlebih saat ini  sudah mendekati hari raya galungan dan kuningan.

Baca Juga :  Ciptakan Tertib Administrasi Kependudukan, Tim Gabungan Kelurahan Penatih Gelar Pendataan Penduduk Non Permanen

“Setidaknya bisa meringankan beban masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pokok menjelang hari raya,” ujarnya.

Jaya Negara menambahkan, pelaksanaan Pameran Gema Tridatu ini merupakan bentuk dukungan Pemkot Denpasar dalam mewujudkan UMKM naik kelas. Sehingga kedepannya mampu berdaya saing baik skala lokal, nasional bahkan internasional.

“Jadi kegiatan ini dikemas dengan kolaboratif, ada pasar murah, operasi pasar, ada UMKM baik itu kerajinan dan fashion, ada juga safari kesehatan, semoga memberikan kemamfaatan bagi masyrakat,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar, Ni Nyoman Sri Utari mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya peningkatan kesejahteraan bagi IKM/UMKM Kota Denpasar. Dimana, kegiatan ini terlaksana atas kolaborasi Pemerintah Kota Denpasar melalui Dinas Perindutrian dan Perdagangan Kota Denpasar dan Dekranasda Kota Denpasar dalam rangkaian acara HUT ke-236 Kota Denpasar.

Baca Juga :  Dharmopadesa Pusat Nusantara Kota Denpasar Gelar Dharma Santhi Nyepi Isaka Warsa 1946

Dikatakannya, Pameran Gema Tridatu merupakan suatu inovasi untuk menciptakan event promosi bagi IKM/UMKM Kota Denpasar. Untuk itu Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar dan Dekranasda Kota Denpasar memberikan fasilitasi event bagi IKM/UMKM Kota Denpasar melalui pelaksaan pameran Gema Tridatu dalam rangkaian HUT ke-236 Kota Denpasar.

Beberapa pihak turut berpartisipasi dalam kegiatan ini, diantaranya Komunitas Keris (Setiaki 9), UMKM Fashion, Perajin Tenun Endek dan lainya. Adeapun beberapa kegiatan turut dikemas dalam pelaksanaanya selama 2 (dua) hari dari tanggal 16 sampai 17 Februari 2024, yakni Pameran IKM/UMKM dan Pasar Murah, Senam Bersama dan Lomba Tarik Tambang, Pemeriksaan Kesehatan Gratis, Konseling Mobil Ceria, Bazzar Pangan dan Kuliner dari PKK Kota Denpasar. Adapun Peserta pada Pameran Gema Tridatu yakni di ikuti 40 IKM/UMKM Kota Denpasar.

Baca Juga :  298 Ribu Wajib Pajak Telah Melaporkan SPT Tahunan Tepat Waktu di Kanwil DJP Bali

Adapun Dari harga pasar murah tersebut diketahui Beras Raja Premium 5 Kg seharga Rp69.000, Beras Premium SPHP 5 Kg dengan harga Rp52.500, Gula Rose Brand dengan harga Rp15.000/Kg, Cabe Kecil (1kg) dengan harga Rp50.000, Bawang Merah (1kg) dengan harga Rp28.000, Bawang Putih (1kg) dengan harga Rp33.000, Minyak Kita 1 Liter dengan harga Rp15.000 dan Telur dengan harga Rp45.000/krat.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News