TMMD
TMMD Ke -119 Resmi Dibuka, Pasukan Loreng Ditugaskan Bikin Jalan dan Bangun Pura. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KARANGASEM – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-119 Kodim 1623/Karangasem secara resmi dibuka oleh Bupati Karangasem, I Gede Dana yang ditandai dengan pemukulan gong dan penyerahan secara simbolis berupa sekop dan satu sak semen kepada warga pada Selasa  (20/2/2024).

Dalam upacara pembukaan yang berlangsung di Lapangan SMA 1 Manggis di Desa Ulakan, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem itu diikuti oleh ratusan personel TNI/Polri, BPBD, Satpol PP, Linmas, Pecalang, Siswa dan beberapa warga setempat serta Forkopimda Karangasem.

Bupati Karangasem, I Gede Dana usai membuka program tersebut mengucapkan terima kasih kepada Kodim Karangasem telah membantu masyarakat Karangasem dengan membangun jalan dan memberikan perhatian lewat program penyuluhan.

Ia memastikan, jalan yang sudah dibuka ini bukan hanya sekedar dibongkar lalu selesai begitu saja, namun Bupati Gede Dana mengaku akan melakukan perbaikan secara berkelanjutan, bahkan apabila asetnya nanti sudah diserahkan kepada Pemda Karangasem akan ditindaklanjuti dengan peningkatan jalan.

Baca Juga :  Tari Rejang Iringi Bhakti Penganyar Pemkab Buleleng di Pura Agung Besakih

“Tentu bukan hanya sekedar pembukaan jalan saja, kedepan jika asetnya sudah ke kabupaten, kita akan tingkatkan kondisinya agar bagus. Dengan adanya jalan ini paling tidak bisa membuka akses jalan sehingga penduduk bisa membuat rumah di sana serta memajukan perekonomian terlebih kedepan bisa jadi berpotensi menjadi desa wisata karena kata pak Dandim view di lokasi sangat bagus,” kata Bupati Gede Dana.

Sementara itu, Dandim 1623/Karangasem, Letkol. Inf. Sutikno mengungkapkan, dalam program TMMD ke-119 ini, ada beberapa sasaran berupa kegiatan fisik pembukaan akses jalan yang menghubungkan antara Banjar Bukit Catu dengan wilayah Desa Sibetan, Kecamatan Bebandem sepanjang 2.500 meter serta rabat beton sepanpanjang 250 meter ditambah pembangunan/renovasi RTLH, perbaikan saluran irigasi dan penghijauan.

Baca Juga :  Jalan Menuju Pura Pasar Agung Karangasem Rusak Parah

Selain kegiatan fisik, pada program TMMD tahun ini juga diisi kegiatan non fisik berupa penyuluhan tentang bela negara dan cinta tanah air, wawasan kebangsaan, penanggulangan bencana alam, bidang pertanian, bidang kamtibmas, bidang pariwisata, peternakan, agama, perdagangan dan insudtri, penanggulangan PMK serta bahaya stunting.

“Sebelum dibuka hari ini, kita sudah laksanakan Pra-TMMD, hari ini sudah hari ke-25, jadi progresnya jalan sudah terbuka 100 persen, tinggal kita proses kerjakan gorong-gorong dan senderannya saja,” kata Sutikno.

Disamping kegiatan yang sudah terjadwal itu, Kondim 1623/Karangasem juga mendapat perintahkan untuk membangun sebuah Pura di lokasi TMMD. Pembangunan Pura ini atas usulan dari warga masyarakat setempat. Rencananya Pura yang akan dibangun itu menggunakan dana CSR serta bantaun dari sejumlah pihak swasta.

Baca Juga :  Mobil Terjun ke Laut di Pelabuhan Padangbai

“Ya karena itu sudah perintah dari Kasad maka akan kami kerjakan, ini juga usulan dari masyarakat,” imbuhnya.(st/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News