Spring Festival 2024
Pertunjukan Barong Sai pada saat pegelaran Spring Festival 2024 di Gedung Fakultas Pariwisata Universitas Udayana, Jimbaran pada Rabu (7/2/2024). Sumber Foto : dnd/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Tourism Confucius Institute (TCI) yang merupakan bagian dari Fakultas Pariwisata Universitas Udayana (Unud) menggelar kegiatan perayaan Tahun Baru Imlek yakni Spring Festival 2024 yang berlangsung setiap tahunnya. Kegiatan tersebut diisi dengan berbagai atraksi budaya dari Bali dan China, digelar di Gedung Fakultas Pariwisata Universitas Udayana, Jimbaran, pada Rabu (7/2/2024). Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Konsulat Jenderal Tiongkok di Denpasar, Zheng Min, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Informasi Unud, Prof. Dr. dr. I Putu Gede Adiatmika, M.Kes., dan Dekan Fakultas Pariwisata.

Baca Juga :  MK Tolak Gugatan Pilpres, De Gadjah : Sudah Kehendak Rakyat

Dalam sambutan Rektor Universitas Udayana yang dibacakan oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Informasi Universitas Udayana (Unud), Prof. Dr. dr. I Putu Gede Adiatmika, M.Kes., menyebutkan, TCI Unud yang berada di bawah koordinasi Fakultas Pariwisata, turut merayakan Tahun Baru Imlek 2024. Perayaan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati kolaborasi antara Indonesia dan China, khususnya Universitas Udayana dengan berbagai Universitas yang ada di China.

“Kita berharap melalui semangat tahun Naga Kayu tahun ini, akan memberikan kekuatan, kesejahteraan, kemakmuran untuk kita semua, dan untuk memperkuat kerjasama dengan berbagai institusi yang ada di China,” ucapnya saat membacakan sambutan.

Saat ini, Unud telah menjalin beberapa kerja sama dengan perguruan tinggi di Tiongkok, yang diatur oleh pemerintah Tiongkok melalui kedutaan besar Republik Rakyat Tiongkok di Indonesia serta duta besar Tiongkok di Asia Tenggara. Mereka berharap untuk meningkatkan kerja sama melalui program kebudayaan, pendidikan, kursus bahasa Mandarin, dan juga kerja sama dalam program kursus bahasa Indonesia ke depannya.

Baca Juga :  Sekda Dewa Indra Apresiasi Hasil Rilis BPS terhadap Perkembangan Perekonomian di Bali

Dekan Fakultas Pariwisata Unud, Dr. I Wayan Suardana, SST.Par, M. Par., menegaskan, bahwa perayaan Imlek yang diselenggarakan oleh TCI dengan nama Spring Festival, diadakan setiap tahun secara berkala. Pada acara ini, akan diselenggarakan atraksi budaya dari Tiongkok. Tujuannya adalah agar kerjasama budaya antara Tiongkok dan Indonesia, khususnya Bali, dapat dijalankan secara rutin melalui festival budaya ini. Peserta yang hadir meliputi perwakilan dari TCI Unud, Konsulat Tiongkok, masyarakat Tiongkok di Denpasar, serta undangan lainnya.

Hadir pula dalam pada acara tersebut, Direktur TCI Fakultas Pariwisata Unud, Direktur TCI Tiongkok, Masyarakat Tiongkok di Denpasar, serta undangan lainnya.(dnd/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News