Pelatihan Fashion Branding
Ketua Dekranasda Kota Denpasar, Sagung Antari Jaya Negara Buka Pelatihan Fashion Branding. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Ketua Dekranasda Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara membuka secara resmi Pelatihan Fashion Branding yang digelar Dinas Perindustrian dan Perdagangan bekerja sama dengan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Denpasar, ISI Denpasar, dan Astra Daihatsu Cabang Cokroaminoto di Gedung Citta Kelangen ISI Denpasar, Senin (19/2/2024). Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan kemampuan pelaku usaha dan desainer untuk menciptakan produk fashion unik dan berkarakter.

Turut hadir Ketua DWP Kota Denpasar, Ny. Ida Ayu Widnyani Wiradana, Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. I Made Pande Artadi, S.Sn., M.Sn, Representatif Astra Daihatsu, Kadar Damanto, dan Kadis Perindag Kota Denpasar, Ni Nyoman Sri Utari. Dalam kesempatan tersebut turut dilaksanakan penandatangan Surat Perjanjian Kerjasama antara Dekranasda Kota Denpasar dengan Program Studi Desain Mode Fakultas Seni Rupa dan Disain ISI Denpasar.

Baca Juga :  Sirkuit Mandalika Gelar JDM Run 2024, Terbesar di Indonesia

Kegiatan ini dijadwalkan  berlangsung selama empat hari, dimulai dari tanggal 19 hingga 22 Februari mendatang dengan melibatkan sebanyak 6 orang peserta. Adapun narasumber yang kompeten turut dihadirkan yakni Dr. Tjok Istri Ratna CS, M.Si, Tjokorda Abinanda, M.Sn, Luh Ayu Pradnyani Utami, S.Tr.Ds., M.Sn, I Wayan Dedy Prayatna, S.Tr.Ds., M.Sn.

Ketua Dekranasda Kota Denpasar Ny. Sagung Antari Jaya Negara dalam kesempatan tersebut menekankan, bahwa pentingnya menciptakan produk fashion unik dan berkarakter. Sehingga kegiatan Fashion Branding penting dilaksanakan karena dibutuhkan pelaku Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) di bidang fashion. Hal ini bertujuan untuk memunculkan keunikan atau signature yang dimiliki oleh brand-brand fashion yang ada di Denpasar.

Baca Juga :  Kolaborasi Srikandi PLN–YBM PLN, Aktif Dukung Peningkatan Kapasitas UMKM di Bali

Lebih lanjut Antari mengatakan, kegiatan diawali dengan pemahaman branding, konsep tahapan penciptaan desain fashion dan tren fashion. Sehingga ke depan diharapkan IKM/UKM Fashion Denpasar dapat naik kelas dan dapat meningkatkan cakupan promosi yang berkelanjutan.

“Melalui pelatihan fashion branding ini diharapkan peserta mampu menciptakan sebuah produk fashion yang unik dan berkarakter untuk yang dimilikii oleh masing-masing peserta, serta dapat menambah pengetahuan dan pengalaman di bidang fashion branding,” ungkap Antari Jaya Negara.

Wakil Dekan Bidang Akademik, Dr. I Made Pande Artadi, S.Sn., M.Sn  memberikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Denpasar khususnya Disperindag dan Dekranasda Kota Denpasar. Hal ini lantaran telah melibatkan ISI Denpasar dalam kegiatan Fashion Branding ini. Bahkan selalu melibatkan setiap kegiatan pelatihan maupun workshop.

Kerjasama yang dilakukan Prodi Desain Mode dengan Pemerintah Kota Denpasar dapat memberikan ruang untuk mengimplementasikan, mengabdikan kompetensinya serta menyebarluaskan ke masyarakat maupun di tengah-tengah pengusaha yang berkaitan dengan desain mode.

Untuk itu, ia menyoroti pentingnya branding dalam membangun citra produk dan membedakan produk di pasar.

“Melalui branding kita dapat memumpuk imasag citra positif produk kita di mata konsumen,” ungkap Artadi.

Representatif Astra Daihatsu, Kadar Damanto menjelaskan, bahwa kegiatan ini merupakan implementasi dari program kewirausahaan dan menekankan pentingnya belajar dan berlatih dalam mengembangkan fashion branding. Harapannya, kegiatan ini dapat menghasilkan produk yang berkualitas dan berkelanjutan, menciptakan ciri khas yang dikenal oleh masyarakat luas.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News