Bank Indonesia
Bank Indonesia Provinsi Bali dan Pemerintah Kolaborasi Meluncurkan Website Investasi dan Pariwisata Bali. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Bank Indonesia Provinsi Bali bersama Pemerintah Provinsi Bali telah meluncurkan Website Pusat Investasi Kerthi Bali Sadhana (PIKBS), dalam upaya meningkatkan investasi dan pariwisata di Pulau Dewata pada Rabu (7/2/2024).

Acara peluncuran tersebut dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Deputi Gubernur Bank Indonesia, Filianingsih Hendarta, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Bali, I Wayan Serinah, serta Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Erwin Soeriadimadja, bersama dengan berbagai perwakilan kementerian, perbankan, akademisi, dan pelaku usaha.

Dalam pidato kunci acara tersebut, Deputi Gubernur Filianingsih Hendarta menyatakan harapannya bahwa PIKBS dapat menjadi wadah untuk meningkatkan akses informasi dan menciptakan persepsi positif bagi investor terhadap potensi sektor-sektor unggulan di Bali. Dia juga menggarisbawahi pentingnya sinergi antara Pemerintah Daerah, kementerian, dan lembaga lainnya dalam mendukung promosi UMKM berorientasi ekspor, pariwisata berkualitas, dan proyek investasi di sektor-sektor prioritas.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Bali, I Wayan Serinah, menyebutkan bahwa PIKBS merupakan langkah inovatif dalam menyediakan informasi untuk menarik investasi ke Bali. Dia berharap PIKBS dapat menjadi motor penggerak dalam program promosi investasi, perdagangan, dan pariwisata di Provinsi Bali.

Baca Juga :  Sambut Libur Lebaran, The Nusa Dua Siapkan Posko Berkah Lebaran Seru

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali, Erwin Soeriadimadja, menegaskan bahwa tujuan utama PIKBS adalah untuk menjaga persepsi positif tentang ekonomi Bali guna mendukung investasi, perdagangan, dan pariwisata berkualitas. 

“Saya mengajak Pemerintah Provinsi Bali dan Pemerintah Kota/Kabupaten untuk bersinergi dalam menyiapkan proyek Pemerintah Daerah yang bersih dan jelas, serta mengidentifikasi UMKM unggulan dan desa wisata untuk dipromosikan kepada investor potensial,”ungkap Erwin Soeriadimadja.

Peluncuran PIKBS ini merupakan hasil dari kolaborasi antara berbagai pihak di Bali, yang secara resmi diatur melalui Surat Keputusan Gubernur Bali pada Juni 2023. PIKBS akan dipimpin oleh Kepala Bappeda dengan dukungan Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bali dan Kepala Biro Pengadaan Barang/Jasa dan Perekonomian sebagai sekretaris. Dewan Pembina PIKBS akan terdiri dari Gubernur Bali, Bupati/Walikota di Bali, dan Kepala Bank Indonesia Bali.

Bank Indonesia Provinsi Bali bersama dengan PIKBS telah melakukan sosialisasi kepada Perangkat Daerah di tingkat provinsi dan kabupaten/kota di Bali serta menyusun Presentation Book sebagai produk utama PIKBS. Presentation Book tersebut akan menyajikan informasi lengkap mengenai profil ekonomi Bali, panduan investasi, aset dan proyek potensial, destinasi wisata, serta produk UMKM unggulan.

Dalam upaya mendukung promosi perdagangan, pariwisata, dan investasi di Bali, Bank Indonesia Provinsi Bali dan PIKBS akan terus berpartisipasi dalam berbagai event promosi dan business matching baik di dalam maupun luar negeri. Mereka juga akan fokus pada optimalisasi penggunaan website PIKBS, publikasi rutin Presentation Book, dan kegiatan Capacity Building untuk memperkuat peran PIKBS dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi Bali.

Baca Juga :  Kinerja Penjualan Eceran di Bali Meningkat di Maret 2024

Diharapkan bahwa Website PIKBS akan menjadi alat promosi yang efektif bagi para buyer, wisatawan, dan investor potensial, dengan dukungan penuh dari semua pihak untuk bersama-sama mengakselerasi pertumbuhan ekonomi Bali. Bank Indonesia Provinsi Bali berkomitmen untuk terus mendukung upaya Pemerintah Provinsi Bali dalam menarik investasi berkualitas dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Bali. (ads/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News