Unud
Rektor Unud Berencana Dirikan Program Studi di Luar Kampus Utama. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Universitas Udayana (Unud) menyelenggarakan Rapat Koordinasi Bidang Akademik bertempat di Bali Dynasty Resort, Kuta, Kamis (11/1/2024).

Rapat yang dipimpin langsung oleh Rektor Unud ini membahas beberapa hal diantaranya terkait mahasiswa lewat masa studi, pembebasan pembayaran UKT, pengelolaan pengampu Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) dan finalisasi kalender akademik.

Dalam rapat ini juga dilakukan penyampaian materi mengenai pengelolaan Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) dengan menghadirkan dua narasumber yakni Dr. Ir. Iwan Kustiwan, MT., dari Direktorat Kampus ITB Cirebon dan Anak Agung Ngurah Bagus Mulawarman, ST., MT., dari Politeknik Negeri Bali.

Rektor Unud, Prof. Ngakan Putu Gede Suardana dalam kesempatan tersebut menyampaikan bahwa rapat ini membahas beberapa agenda yakni terkait mahasiswa yang sudah melewati masa studi, kemudian tentang PSDKU, cut off pembayaran UKT, dan MKDU. Hal ini juga dalam rangka menindaklanjuti terbitnya Permendikbudristek Nomor 53 Tahun 2023. Sementara terkait PSDKU pihaknya telah mengundang dua narasumber yakni dari ITB dan PNB yang sudah memiliki PSDKU sehingga dapat berdiskusi mengenai pendirian, mekanisme, dan tata kelolanya. Jika memungkinkan Rektor berharap bisa melaksanakan PSDKU di Universitas Udayana.

Baca Juga :  Gandeng Tiga Perempuan Hebat, IndoLinen Gelar Talkshow untuk Edukasi dan Inspirasi

“Satu lagi agenda terkait kalender akademik yang sebelumnya sudah dibahas dan dalam pertemuan ini akan dibahas lebih mendalam dan menggali masukan-masukan dari pimpinan fakultas dan pascasarjana, dimana ada ide dan kebijakan untuk penambahan periode wisuda,” ungkap Rektor.

Narasumber Dr. Iwan Kustiwan dalam materinya menyampaikan materi mengenai pengalaman penyelenggaraan dan pengembangan PSDKU ITB Kampus Cirebon. Disampaikan bahwa tujuan pengembangan PSDKU adalah meningkatkan akses, pemerataan, mutu dan relevansi pendidikan tinggi di seluruh wilayah Indonesia; dan meningkatkan mutu, dan relevansi penelitian ilmiah serta pengabdian kepada masyarakat untuk mendukung pembangunan nasional.

Baca Juga :  Kembali Bertambah Konektivitas India, Indigo Airlines Beroperasi Perdana di Bandara I Gusti Ngurah Rai

Sementara narasumber Anak Agung Ngurah Bagus Mulawarman juga menyampaikan sekilas mengenai pendirian dan pengembangan PSDKU di Politeknik Negeri Bali. Dalam diskusi digali informasi mengenai dampak dan keuntungan yang diperoleh melalui pendirian PSDKU ini.(unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News