Produktif
Ilustrasi Produktif. Sumber Foto : Freepik.com

BALIPORTALNEWS.COM, YOGYAKARTA – Membuat resolusi umumnya dilakukan oleh sebagian besar orang ketika memasuki tahun baru. Namun, seiring berjalannya waktu, tidak banyak yang benar-benar merealisasikan resolusi yang ditargetkan. Bahkan tidak jarang resolusi yang dibuat berhenti sebatas catatan harapan-harapan semata, termasuk target produktivitas.

Lantas bagaimana agar di tahun baru bisa menjadi titik awal untuk kembali memulai produktivitas yang sempat mengendor di tahun sebelumnya? Dosen sekaligus Psikolog dari Fakultas Psikologi UGM, T. Novi Poespita Candra, S.Psi., M.Si., Ph.D., Psikolog., membagikan tiga langkah yang bisa dilakukan untuk meningkatkan lagi produktivitas di awal tahun.

Baca Juga :  Kisah Kartini Masa Kini, Rintis Bisnis di Usia 19 Tahun Kini Punya 150 Karyawan

Pertama, menentukan tujuan yang ingin dicapai. Hal itu dilakukan dengan mensyukuri hal-hal yang telah dicapai di masa lalu.

“Jadi tentukan apa tujuan yang ingin dicapai di tahun ini,” terangnya, Rabu (17/1/2024) di UGM.

Kedua, memikirkan dampak yang ingin diberikan dalam kehidupan. Selain itu juga pada siapa dampak akan dirasakan.

“Apakah hanya pada diri kita, keluarga, atau masyarakat yang lebih luas lagi?,” tuturnya.

Ketiga, lakukan kaizen atau perubahan kecil. Perubahan-perubahan kecil tersebut sebaiknya dilakukan secara konsisten setiap hari. Perubahan-perubahan kecil yang dilakukan secara teratur dan terus-menerus tersebut dikatakan Novi bisa terakumulasi menjadi perubahan besar dalam kehidupan.

“Misalnya hari ini lebih rileks, mulai hari ini tidur lebih cepat dan bangun lebih pagi, atau menghasilkan satu paragraf tulisan setiap harinya,” terangnya.(ugm.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News