Rabies
Populasi Anjing di Karangasem Melonjak, Distan PP Gencar Lakukan Vaksinasi Rabies. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KARANGASEM – Melesatnya populasi anjing di Karangasem pada awal tahun 2024 yang mencapai 81.155 ekor membuat Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Karangasem bergerak cepat untuk melakukan vaksinasi guna mencegah penyebaran rabies di Karangasem.

Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Karangasem, I Nyoman Siki Ngurah ditemui di ruang kerjanya, Jumat (19/1/2024) mengatakan, setelah melakukan update populasi anjing di Karangasem, ternyata terjadi peningkatan populasi dari jumlah tahun 2023 sebanyak 77 ribu ekor kini menjadi 81 ribu lebih pada tahun 2024.

Baca Juga :  Beda Masalah, Selesai di Tempat yang Sama

“Setelah kita update datanya, ternyata populasi anjing di Karangasem meningkat sekitar 4.000 ekor pada tahun 2024 ini, dengan adanya lonjakan populasi ini, kita awal tahun langsung bergerak bersama tim melakukan vaksinasi untuk mencegah menyebaran rabies. Total sampai kemarin kita sudah vaksinasi sekitar 6.362 ekor anjing,” kata mantan Kadis Damkartan Karangasem itu.

Dengan meningkatnya populasi tersebut, Siki Ngurah juga mengakui terjadi lonjakan kasus gigitan anjing di Karangasem, bahkan sepanjang bulan Januari 2024 ini saja sudah terjadi sekitar 96 kasus gigitan dimana dua kasus diantaranya anjing yang menggigit dinyatakan positif rabies.

Baca Juga :  Proyek Rp7,5 Miliar Nyaris Mangkrak, PUPR Berencana PL Proyek Lanjutan MPP dan Wantilan

Menurut Siki Ngurah, kasus gigitan tersebar di wilayah Karangasem namun kasus terbanyak terjadi di wilayah Kecamatan Karangasem dengan satu kasus anjing rabies, disusul Bebandem dan Sidemen dengan satu kasus rabies.

“Kasus gigitan terjadi kebanyakan karena anjing peliharaan yang dilepasliarkan. Selain itu ada juga anjing peliharaan yang diajak bermain oleh pemiliknya kemudian tidak sengaja mengigit,” terang Siki Ngurah.

Sementara itu, pada tahun 2024 ini Distan juga menargetkan capaian vaksinasi hingga 90 persen dari total populasi anjing di Karangasem. Hanya saja itu semua kembali kepada ketersediaan vaksin rabies, sejauh ini pihaknya masih memiliki sekitar 7.000 vaksin bantuan dari Provinsi.(st/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News