PMI PMR
Pelantikan Pengurus dan Musyawarah Kerja Palang Merah Remaja di Kabupaten Bangli. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BANGLI – Wakil Bupati Bangli, I Wayan Diar selaku Ketua Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bangli menghadiri musyawarah kerja Palang Merah Indonesia di Kabupaten Bangli sekaligus melantik pengurus Palang Merah Remaja (PMR) Kecamatan se-Kabupaten Bangli Masa Bakti 2024-2029 serta melaksanakan serah terima Bulan Dana PMI Kabupaten Bangli tahun 2023 bertempat di Gedung Bhukti Mukti Bhakti (BMB) Kantor Bupati Bangli.

Sementara itu, sambutan Ketua Pengurus Palang Merah Provinsi Bali dalam hal ini dihadiri oleh Ketua Bidang Penanggulangan Bencana menyampaikan bahwa pengurus PMI Bali mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada jajaran pengurus PMI Kabupaten Bangli, karena telah melaksanakan kewajiban seperti yang diamanahkan dalam AD/ART PMI yaitu pelaksanaan musyawarah kerja (Muker) PMI  Kabupaten Bangli dimana Muker sebagai media untuk menyampaikan evaluasi pelaksanaan program kerja tahun 2023 dan penyampaian rencana kerja tahun 2024 yang dilaksanakan oleh PMI Kabupaten Bangli pada Jumat (26/1/2024) yang merupakan keempat yang dilaksanakan PMI Kabupaten/Kota di wilayah Provinsi Bali yang dimana sebelumnya sudah dilaksanakan oleh PMI Kabupaten  Badung, Jembrana dan Gianyar.

“Dimana  perlu disampaikan posisi organisasi PMI masa pemilu tahun 2024, dimana telah dapat edaran dari PMI Pusat  Nomor :719/ORG/XI/2022 prihal pedoman untuk menjaga prinsip kenetralan gerakan kepalangmerahan dalam pemilihan umum tahun 2024, untuk dapat ditindaklanjuti bersama tidak lupa juga ucapan terima kasih kepada jajaran Dewan  Kehormatan dan Pengurus PMI Kabupaten Bangli yang telah mengajukan status non aktif bagi yang terlibat dalam kontestasi pemilu 2024. Hal ini penting untuk menjaga kenetralan serta integritas Organisasi pada gelaran pemilu bulan depan,” tuturnya.

Terkait pembinaan Palang Merah Remaja (PMR) dan relawan PMI Kabupaten Bangli memiliki unit PMR dan relawan yang sangat potensial yang harus terus ditingkatkan. Beberapa waktu yang lalu tepatnya tanggal 26 Desember 2023, peringatan Hari Relawan PMI dimana PMI pusat menggelar puncak peringatan hari relawan di Kabupaten Tegal Jawa Tengah pada kesempatan tersebut Ketua Umum PMI, Jusuf Kalla menganugerahkan Lencana Wira Utama kepada sembilan relawan melalui berbagai seleksi, dan sebuah kebanggan bagi Provinsi Bali karena satu dari sembilan orang tersebut adalah relawan PMI asal pulau Bali.

Baca Juga :  Bupati dan Forkopimda Bangli Kampanyekan Anti Korupsi dengan Semangat dan Kreativitas

Selain penganugrahan Lencana Wira Utama kepada Relawan, Ketua Umum juga menyerahkan Plakat akreditasi Katagori Utama kepada PMI Provinsi Bali dimana Akreditasi Utama merupakan tingkat tertinggi dalam katagori Akreditasi PMI.

“Kami juga mengucapkan selamat atas dilantiknya pengurus PMI Kecamatan se-Kabupaten Bangli semoga senantiasa memberikan pelayanan terbaik dalam tugas tugas kepalangmerahan,” tambahnya.

Diakhir sambutan yang dibacakan oleh Ketua Bidang Penanggulangan Bencana itu tidak lupa Ketua Umum pengurus PMI Provinsi Bali mengucapkan banyak terima kasih kepada Bupati Bangli, Pengurus PMI, Kepala markas, kepala unit donor darah serta relawan Palang Merah Indonesia se-Kabupaten Bangli.

Sebelum Musyawarah dibuka, Wakil Bupati Bangli membacakan sambutan Bupati Bangli yang dalam hal ini sebagai Pelindung Palang Merah Remaja Kabupaten Bangli, dimana Pemerintah Kabupaten Bangli selama kurang lebih tiga tahun belakangan ini telah berupaya untuk mencapai ketertinggalan yang ada sebelumnya dan untuk bisa bersaing bahkan lebih maju dari kabupaten/kota yang ada di Provinsi Bali.

Dengan tagline ‘Mimpi Bukan untuk Didiskusikan Tapi Mimpi untuk Dikerjakan’ dan melompat lebih tinggi menuju Bangli Era Baru dimana Pemerintah Kabupaten Bangli telah membuktikan keberhasilannya dalam tata kelola pemerintahan khususnya dalam bidang pembangunan, Bangli telah menunjukan hasil yang luar biasa.

Begitu juga halnya PMI Kabupaten Bangli diharapkan mampu menjadi PMI yang terdepan dan menjadi sebuah organisasi kemasyarakatan kebanggaan masyarakat Bangli. Sebagai sebuah organisasi kemasyarakatan yang besar dan diakui dunia, PMI Kabupaten Bangli telah dapat melaksanakan tugas pokoknya di bidang kemanusiaan melalui berbagai program kegiatan dari tingkat pusat hingga ke daerah sesuai dengan Undang-undang No 1 tahun 2018.

Baca Juga :  Pemkab Bangli Gelar Gerakan Pangan Murah

Disamping itu Mukerkab PMI Kabupaten Bangli tahun 2024 sangat strategis untuk mengevaluasi dan mempertanggungjawabkan program kegiatan satu tahun yang lalu.

“Pada kesempatan baik ini kami sampaikan penghargaan kepada pengurus PMI Kabupaten Bangli  serta seluruh relawan dan pengurus PMI Provinsi Bali yang telah  banyak membantu dan membina PMI Kabupaten Bangli. Pada kesempatan ini juga kami minta kepada seluruh perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangli dari tingkat Kabupaten sampai ke desa, swasta maupun masyarakat untuk meningkatkan kerjas ama sumbangsih kepada PMI sehingga dinamika dan aktivitas kepalangmerahan di Kabupaten Bangli semakin maju terutama program penggalangan donor darah sukarela Gema Sadis Bisa,” jelas Wakil Bupati Bangli.

Diakhir sambutan Bupati Bangli yang dibacakan Wakil Bupati terebut pihaknya berharap semoga Mukerkab ini dapat menghasilkan program kerja yang efektif dan bermanfaat bagi PMI dan masyarakat Bangli.

Hadir dalam acara tersebut anggota Forkopimda Kabupaten Bangli, Pimpinan Perangkat Daerah (PD) Ketua UTD PMI Kabupaten Bangli, Pengurus PMI Kabupaten/Kota se-Provinsi Bali serta undangan terkait lainnya.(an/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News