Pemilu
KPU Karangasem Gelar Sosialisasi Pemilu Kepada Warga Binaan LP Karangasem. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KARANGASEM – Sebanyak 300 lebih warga binaan LP Karangasem antusias mengikuti sosialisasi pemilu di aula rapat LP Karangasem, Kamis (11/1/2024) pagi. Sosialisasi yang lebih menitikberatkan tentang tata cara mencoblos, juga menekankan mekanisme memilih di TPS khusus.

“Antusias warga binaan dalam mengikuti sosialisasi sangat kita apresiasi, semangat dan kontribusi mereka untuk menggunakan hak pilihnya sangat tinggi,” kata Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat (Parmas), dan SDM KPU Kabupaten Karangasem, I Kadek Sukara.

Menurutnya kendala yang selama ini dialami warga binaan terkait informasi tentang pemilihan umum dapat ditingkatkan dengan hadirnya KPU Karangasem menggelar sosialisasi di LP Karangasem. Komitmen menjaga hak suara warga binaan agar dapat tersalurkan dengan baik pada pemilu 14 Februari 2024 nanti yang tinggal menghitung hari tetap dijaga dengan baik.

Ia berharap pemahaman warga binaan terkait tata cara mencoblos akan semakin meningkat. Diakui, pada pemilu 14 Februari 2024 nanti akan ada 5 surat suara, pertama surat suara untuk Presiden dan Wakil Presiden (warna abu-abu), surat suara DPR RI (warna kuning), surat suara DPD (warna merah) surat suara DPRD Provinsi (warna biru), dan surat suara DPRD Kabupaten/Kota (warna hijau). Nah, karena ini TPS 901 di LP Karangasem masuk TPS khusus, segala ketentuan diatur PKPU tentang pemberian suara di TPS lokasi khusus.

Baca Juga :  Puncak Arus Balik Lebaran di Pelabuhan Padangbai Diprediksi Terjadi pada Minggu

Sementara itu, Kasi Pembinaan Narapidana dan Kegiatan Kerja LP Karangasem, I Ketut Kawidana didampingi Kasi Registrasi dan Klasifikasi Anak LP Karangasem, Ni Wayan Surawati mengatakan sosialisasi ini sangat bagus ditengah minimnya informasi bakal calon bagi pemilih khusus warga binaan LP Karangasem. Harapannya sosialisasi dapat meningkatkan pemahaman calon pemilih yang telah memenuhi syarat saat pencoblosan nanti.

“Kami akui warga binaan kami kan minim informasi terkait bakal calon yang akan mereka pilih, karena situasinya mereka berada di dalam lapas. Yang jelas dalam setiap tahapan pemilihan di LP Karangasem yang masuk TPS khusus selalu berjalan dengan sukses dan lancar,” terang Kawidana.

Baca Juga :  DPRD Bali Rekomendasikan Langkah Strategis untuk Kemajuan Bali

Kawidana yang juga menjadi Ketua KPPS di TPS Khusus ini memastikan jalannya pemilihan di TPS khusus tetap berjalan sesuai regulasi yang ada. Kata dia, sebab ada juga warga binaan berasal dari luar Bali, dari luar Kabupaten Karangasem, dan ada juga luar dari Kecamatan Karangasem.

“Dengan komunikasi intens dengan KPU Karangasem, pada akhirnya nanti Pelaksanaan pemilu di TPS khusus berjalan dengan lancar, karena petugas KPPS, petugas ketertiban TPS juga telah terbentuk,” kata Kawidana.(st/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News