SI PRIMA
Ida Ayu Cintiya Nurina, S.Pd., M.Pd., saat melakukan sosialisasi SI PRIMA. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Salah satu guru TK di Kota Denpasar, Ida Ayu Cintiya Nurina, S.Pd., M.Pd., berhasil menciptakan aplikasi SI PRIMA (Sistem Informasi Penilaian Raport PAUD pada Kurikulum Merdeka), yang dapat mendukung kinerja guru-guru PAUD se-Indonesia.

Saat dihubungi Rabu (10/1/2024), Dayu Cintiya menjelaskan tentang aplikasi SI PRIMA (Sistem Informasi Penilaian Raport PAUD pada Kurikulum Merdeka) merupakan platform inovatif yang dikembangkan khusus untuk mendukung guru-guru PAUD dalam proses penilaian dan penyusunan laporan perkembangan anak didik.

“Aplikasi ini dibuat dengan fokus dan menyesuaikan pada ketentuan Kurikulum Merdeka. Beberapa jenis laporan yang tersedia di SI PRIMA adalah Laporan perkembangan, laporan foto berseri, laporan hasil karya, laporan cek list, KOSP, dll,” ucap Dayu Cintiya yang merupakan jebolan Guru Penggerak Angkatan 1.

Lebih lanjut Dayu Cintiya mengatakan, awal pengembangan SI PRIMA adalah memberikan solusi terpercaya bagi guru-guru di TK Negeri Pembina Denpasar dan PAUD di seluruh Indonesia. Tim pengembang, yang dipimpin olehnya tersebut, merespon permasalahan dalam penerapan Kurikulum Merdeka, khususnya pada penilaian formatif dan sumatif yang menjadi beban dan kerumitan bagi para guru. Dengan SI PRIMA, guru dapat membuat laporan penilaian dengan sangat mudah, cepat dan sesuai ketentuan.

Baca Juga :  TPID Denpasar Gelar Pemantauan Ketersediaan dan Harga Pangan Jelang Idul Fitri

“SI PRIMA awalnya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan guru di TK Negeri Pembina Denpasar. Namun, seiring perkembangannya, aplikasi ini telah menarik perhatian para pendidik PAUD di seluruh Indonesia. Pada semester Ganjil 2023, SI PRIMA telah digunakan untuk penilaian lebih dari 2.500 siswa. Sejauh ini, SI PRIMA telah digunakan oleh beberapa lembaga di Bali, Jawa Timur, Sulawesi dan Jawa Tengah,” ujar Dayu Cintiya selaku Guru TK di TK Negeri Pembina Denpasar,

SI PRIMA sudah mulai digunakan sejak tahun 2022 ketika implementasi Kurikulum 13. Ketika Kurikulum Merdeka berlaku, SI PRIMA kemudian melakukan pembaruan agar semakin memudahkan guru dan sesuai dengan ketentuan.

Baca Juga :  Dari Studi Komparasi Pokja Bunda PAUD Kota Denpasar ke Pemkot Malang, Gali Ilmu dan Strategi Untuk Capai PAUD HI Berkualitas

Faktanya di lapangan, masih sangat banyak lembaga atau guru yang belum bisa berpindah dari kerangka berpikir penilaian Kurikulum 13 (K13). Para guru bahkan banyak yang kesulitan untuk memahami format dan struktur penilaian pada Kurikulum Merdeka.

“Tantangan inilah yang kemudian mendorong tim untuk membuat SI PRIMA sejauh mungkin dapat membantu guru dengan beragam fitur dan jenis penilaian,” ungkap Dayu Cintiya.

Saat ini, SI PRIMA telah tersedia dalam format Excel dan Online. Format Excel cocok digunakan oleh lembaga PAUD dengan skala kecil-menengah. Format Excel dapat digunakan dengan biaya yang sangat terjangkau dan tanpa perlu jaringan internet. Sedangkan format online cocok digunakan oleh sekolah dengan skala sedang-besar, sekolah penggerak, sekolah berbasis global, skolah billingual, dan sebagainya.(tis/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News