penanaman mangrove
Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa melaksanakan penanaman pohon mangrove dan aksi bersih-bersih di kawasan mangrove yang digelar Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI di Kawasan Estuary Dam, Segara Guna Batu Lumbang Denpasar, Minggu (17/12/2023). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa melaksanakan penanaman pohon mangrove dan aksi bersih-bersih di kawasan mangrove yang digelar Kementrian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI di Kawasan Estuary Dam, Segara Guna Batu Lumbang Denpasar, Minggu (17/12/2023).

Kegiatan tersebut dilaksanakan serangkaian kegiatan Bali Harmony in Action guna menjaga kelestarian lingkungan lewat aksi bersih-bersih dan penanaman pohon manggrove.

Deputi Bidang Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan Kemenko Marves, Nani Hendiarti mengatakan, penanaman bibit bakau atau mangrove ini merupakan bentuk keberlanjutan di dalam menjaga lingkungan khususnya hutan mangrove. Sehingga secara berkelanjutan dapat meningkatkan eco pariwisata di Bali, khususnya Kota Denpasar.

“Kegiatan kolaborasi ini merupakan perwujudan kepedulian berbagai pihak terhadap ekosistem mangrove. Pemerintah melalui Kemenko Marves menetapkan target merehabilitasi 600.000 hektar mangrove pada tahun 2024, yang tentunya membutuhkan dukungan dari berbagai pihak agar target tersebut tercapai,” jelasnya.

Baca Juga :  Sambut Hardiknas Tahun 2024, Ayu Kristi Arya Wibawa Buka Workshop Peningkatan Kompetansi Guru PAUD

Dia menambahkan, dengan terselenggaranya acara ini Kemenko Marves berharap dapat berkontribusi secara langsung terhadap kelangsungan dan kelestarian ekosistem, terutama mengenai permasalahan yang terjadi di area pesisir. Sehingga nantinya, selain menjadi destinasi wisata, juga mampu mencegah abrasi di pesisir pantai.

Sementara Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa mengapresiasi gerakan penanaman pohon mangrove dan aksi bersih lingkungan tersebut. Hal ini merupakan langkah berkelanjutan dalam menjaga manggrove. Pihaknya juga mengingatkan kepada komunitas dan masyarakat untuk menjaga serta merawat pohon mangove tersebut.

Baca Juga :  Sinergi OJK dan BI Tingkatkan Edukasi Perlindungan Konsumen

Disamping itu pihaknya berkomitmen terus menjaga hutan mangrove. Adapun hal yang telah dilakukan seperti bekerjasama dengan nelayan yang ada dipesisir dengan memberikan subsidi kepada nelayan untuk membersihkan mangrove. Sehingga ke depan eco tourism dapat terus tumbuh dan memberikan kemanfaatan.

“Ini merupakan bentuk kolaborasi kita di dalam menjaga ekosistem khususnya pohon mangrove. Hutan Mangrove memiliki potensi ekowisata begitu besar yang diharapkan dapat mendorong pemulihan pariwisata Bali,” ujarnya.

“Kami sangat mendukung inisiatif yang dilakukan swasta, komunitas yang bekerjasama dengan Kemenko Marves serta mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama memelihara ekosistem pariwisata kita,” imbuhnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News