Kampung Pancasila
Sukses Amalkan Nilai-Nilai Pancasila, Pj Bupati Buleleng Terima Penghargaan Kampung Pancasila 2023 dari KASAD. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Penjabat (Pj) Bupati Buleleng, Ketut Lihadnyana bersama Dandim 1609/Buleleng, Letkol Kav. Angga Nurdiyana menerima Penghargaan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD) Kampung Pancasila Tahun 2023. Kelurahan Kampung Baru Kabupaten Buleleng bersama Kodim 1609/Buleleng dianugerahi sebagai Juara Ketiga Kampung Pancasila kategori kota.

Penganugerahan dilakukan di Gedung Jenderal Besar A.H. Nasution, Mabesad – Jakarta Pusat, Jumat (8/12/2023). Pelaksanaan program Kampung Pancasila tahun ini dihelat dengan tema “Kampung Pancasila Sebagai Wadah Kebhinekaan dan Toleransi”. Penghargaan yang diterima ini merupakan hasil dari penilaian tingkat pusat yang telah dilaksanakan pada tanggal 7 November 2023 di Kelurahan Kampung Baru Kecamatan Buleleng, Kab Buleleng.

Kampung Pancasila merupakan bentuk inisiatif yang bertujuan untuk memperkuat nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, baik di tingkat desa/kelurahan maupun kabupaten/kota yang masyarakatnya beragam. Tujuan akhirnya menciptakan hubungan yang lebih harmonis dan damai di wilayah itu, dengan Pancasila sebagai pandangan hidup bersama. Program Kampung Pancasila ialah ajang apresiasi kepada pemenang lomba Kampung Pancasila. Dimana KASAD memberikan penghargaan kepada kampung yang telah berhasil menerapkan dan menjaga nilai-nilai Pancasila di daerahnya. Harapannya, acara ini dapat memotivasi masyarakat untuk terus menjaga nilai-nilai Pancasila sebagai pemersatu bangsa di era teknologi yang semakin masif saat ini.

Selaku Kepala Daerah Kabupaten Buleleng, Penjabat Bupati Buleleng, Ketut Lihadnyana menyatakan sangat mendukung program Kampung Pancasila. Serta mengapresiasi bahwa Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng telah dipilih sebagai yang mewakili KODIM  1609/Buleleng dan KODAM IX/Udayana mengikuti tingkat nasional ini.

Baca Juga :  Polisi Periksa Pemeran Video Diduga Pelajar Asal Buleleng

“Kami sangat bangga bahwa Kelurahan Kampung Baru di Kabupaten Buleleng mendapatkan penghargaan Kampung Pancasila ini. Hal ini menjadi cerminan bahwa toleransi, gotong-royong, saling menghormati dan saling menghargai sebagai nilai-nilai Pancasila itu terjalin erat di Kabupaten Buleleng secara umum. Kondisi ini akan kita jaga terus dan semakin kita kuatkan di seluruh Buleleng dimulai dari Kelurahan Kampung Baru,” ungkapnya.

Kelurahan kampung baru merupakan cerminan keberadaan masyarakat Kabupaten Buleleng yang majemuk, namun selama ini dapat mengembangkan kerukunan dan toleransi dalam interaksi sosial masyarakat, serta menerapkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut menjadi indikator dalam penilaian lomba Kampung Pancasila. Melalui penghargaan Kampung Pancasila pada hari ini, diharapkan dapat menjadi percontohan bagi kelurahan dan desa lainnya untuk menjadi Kampung Pancasila berikutnya, sebagai wadah bagi masyarakat untuk selalu menerapkan nilai pancasila dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.

Baca Juga :  Kales Manfaatkan Kandang Ayam Buat Transaksi Narkoba

KASAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak dalam sambutannya menyampaikan, bahwa Program Kampung Pancasila melalui proses penilaian dua bulan lamanya. Program ini diharapkan terus dijalankan sehingga bisa meningkatkan nilai-nilai Pancasila di kehidupan masyarakat. Pancasila adalah nilai dasar yang mengikat dan mengelola keberagaman baik agama suku dan ras di Indonesia untuk bisa bersama dalam kehidupan yang harmonis.

“Saya selalu sampaikan bahwa investasi ini (Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika) sungguh luar biasa. Zaman dahulu kala orang sudah berpikir Bhineka Tunggal Ika, mungkin generasi sekarang tidak terpikir kata-kata itu. Pendiri bangsa kita itu sangat luar biasa, dan kita harus terus merawat, terus meningkatkannya,” ujar Kasad.(adv/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News