Nataru
Ratusan Personel Disipakan Amankan Perayaan Nataru di Karangasem. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KARANGASEM – Sekitar 400 personel gabungan yang terdiri dari unsur kepolisian bersama TNI, Satpol PP, hingga Pecalang dan sejumlah unsur terkait lainnya dilibatkan dalam rangka pengamaan hari raya Natal dan Tahun Baru di wilayah Kabupaten Karangasem.

Beberapa poin menjadi fokus pengamanan dalam perayaan Nataru kali ini, seperti kawasan Pelabuhan, tempat ibadah Gereja hingga objek wisata dan tempat-tempat keramaian lainnya di Karangasem.

“Para personel ini akan kita sebar untuk melakukan pengamanan di titik-titik tertentu seperti Pelabuhan, Gereja dan tempat-tempat keramaian lainnya. Yang menjadi atensi utama kita yaitu pengamanan di Pelabuhan Padangbai karena di sana merupakan tempat keluar masuknya orang dan barang,” kata Kapolres Karangasem, AKBP I Nengah Sadiarta usai apel gelar pasukan operasi lilin agung 2023 di lapangan Tanah Aron, Amlapura pada Kamis (21/12/2023).

Di kawasan Pelabuhan Padangbai, pihaknya akan melakukan penjagaan dengan ketat untuk mengantisipasi masuknya barang-barang terlarang ke wilayah Bali melalui Padangbai yang nantinya dapat mengganggu keamanan dan kenyamanan dalam perayaan Nataru ini.

Baca Juga :  Jalan Menuju Pura Pasar Agung Karangasem Rusak Parah

“Untuk pengamanan ini, kita juga menyiapkan satu Pos Pelayanan Terpadu di Pelabuhan Padangbai, serta dua pos pengamanan di Yeh Malet dan Kota Amlapura,” imbuhnya.

Khusus untuk perayaan malam tahun baru, personel yang terlibat dalam operasi lilin agung juga akan berkeliling untuk melakukan atensi wilayah keramaian yang seringkali dijadikan sebagai tempat untuk berkumpul oleh masyarakat merayakan tahun baru.

“Kami berharap agar masyarakat Karangasem dalam merayakan Nataru juga ikut bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban. Jangan berlebihan, karena keamanan tidak turun dari langit tapi diciptakan oleh masing-masing masyarakat itu sendir,” imbuh mantan Kapolres Klungkung tersebut.

Hal senada juga disampaikan oleh Bupati Karangasem, I Gede Dana. Ia juga meminta masyarakat Karangasem agar merayakan Nataru tidak secara berlebihan serta saling menghormati antar warga yang nerayakan Natal.(st/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News