Unud
Program Studi Sastra Jepang FIB Unud Gelar Tes JLPT di Awal Desember 2023. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Program Studi Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana (FIB Unud) bekerja sama dengan Japan Foundation Jakarta sukses menarik antusiasme 850 orang pendaftar Japanese Language Proficiency Test (JLPT) yang berlangsung pada Minggu (3/12/2023) bertempat di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana, Jalan Pulau Nias No. 13 Denpasar.

Ketua Panitia kegiatan yang juga merupakan dosen Program Studi Sastra Jepang FIB Unud, Ngurah Indra Pradhana, S.S., M.Hum,  menjelaskan bahwa Tes JLPT atau dikenal juga sebagai Ujian Kemampuan Bahasa Jepang (UKBJ) merupakan merupakan ujian bergengsi dan dilaksanakan langsung oleh Pemerintah Jepang yang bertujuan untuk menguji kemampuan berbahasa Jepang. Hasil tes ini biasanya menjadi salah satu persyaratan non-warga negara Jepang untuk melamar pekerjaan atau melanjutkan studi di Jepang.

Baca Juga :  Wawali Arya Wibawa Pimpin Peringatan Hari Otoda di Kota Denpasar, Dua Penghargaan Nasional Diterima Wali Kota Jaya Negara

Ketua Panitia kegiatan lebih lanjut menjelaskan bahwa ujian yang kali ini dilaksanakan di FIB Unud adalah ujian serentak yang merupakan kerjasama antara Japan Foundation Jakarta dengan FIB Unud.

Ngurah Indra, M.Hum. juga menegaskan bahwa tes ini dibuka untuk masyarakat umum. Pelaksaan JLPT biasanya berlangsung dua kali dalam setahun yaitu di bulan Juli dan Desember, dan pelaksanaan JLPT di FIB Unud pada bulan Desember ini dibatasi untuk 850 peserta.


“Sebenarnya ada lebih dari 850 orang peserta yang berantusias mendaftar pada ujian kali ini, namun karena kuota yang terbatas kami hanya bisa melaksanakan ujian bagi 850 orang peserta. Karena animo yang semakin meningkat semoga tahun depan kita bisa mengakomodir penyelenggaraan UKBJ ini dua kali setiap tahun,” ungkap Ngurah Indra, M.Hum. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News