Beasiswa
Program Bupati Menyapa Siapkan Beasiswa Bidik Misi, Dorong Sektor Pertanian dan Perikanan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Program Bupati Menyapa bagi Desa atau Kelurahan se-Kecamatan Negara kali ini dipusatkan di Gedung Mendopo Kesari, Jumat malam (22/12/2023) dengan mengajak segenap pimpinan OPD, Bupati menyapa warganya dengan menyampaikan berbagai program termasuk menampung aspirasi yang disampaikan.

Seperti sebelumnya kali ini terakhir di Kecamatan Negara, Bupati Jembrana membuka ruang diskusi dan memberikan motivasi untuk anak-anak muda dengan memaparkan sejumlah program pemberdayaan yang ditujukan bagi generasi muda Jembrana.

Salah satunya program penyaluran tenaga kerja keluar negeri. Mendukung program ini, Kabupaten Jembrana telah melaksanakan MoU dengan sejumlah lembaga penyalur kerja dan memfasilitasi pelatihan dan keberangkatannya.

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Jembrana menyiapkan program Beasiswa berprestasi dan kurang mampu. Terdapat 759 orang mahasiswa penerima beasiswa, dimana 750 orang penerima beasiswa tersebut merupakan mahasiswa yang berprestasi. Sedangkan khusus mahasiswa dari keluarga kurang mampu untuk tahun ini terdapat 9 orang yang mendapatkan bantuan.

Baca Juga :  Yowana Batuagung Deklarasikan Tolak Narkoba pada Festival Banjar

“Khusus KK miskin yang ada di Jembrana pada hari ini, saya juga menyiapkan program Beasiswa untuk bisa melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi yang ada di Jembrana melalui program Beasiswa Bidik Misi,” jelas Bupati Tamba.

Lebih lanjut, pihaknya mengatakan, pemberian penghargaan bagi mahasiswa berprestasi yang berasal dari pemuda daerah, serta biaya pendidikan kepada mahasiswa kurang mampu adalah salah satu bentuk pengakuan dan apresiasi Pemerintah Kabupaten Jembrana atas prestasi para pemuda dalam menuntut ilmu pada jenjang pendidikan tinggi.

Baca Juga :  Cek Kesiapan Hadapi Arus Mudik, Bupati Tamba Dampingi Kapolri Tinjau Pelabuhan Gilimanuk

“Hal ini diharapkan dapat membantu meringankan beban yang ada serta meningkatkan motivasi untuk dapat bersaing dengan pemuda daerah lainnya. Disamping itu pula dengan adanya program ini, diharapkan adanya timbal balik untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Jembrana,” ucapnya.

Ditambahkannya, ia mengajak masyarakat untuk memaksimalkan fungsi dan peran dari berbagai sektor antara lain pertanian dan perikanan.

“Saya mengajak para petani untuk memperbaiki sektor hulu dengan menanam tanaman kakao yang unggul, tidak hanya pertanian tetapi perikanan untuk lebih memaksimalkan fungsi dan peran pelabuhan perikanan pengambengan sehingga membuka peluang kesempatan kerja dan aktivitas perekonomian semakin meningkat,” tegasnya.(ang/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News