Prodi Teknologi Pangan Unud Gelar Praktikum Pangan Tradisional Bali. sumber foto : istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Program Studi Teknologi Pangan, Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Udayana merupakan satu-satunya program studi Teknologi Pangan yang menawarkan mata kuliah Pangan Tradisional Bali dari Program Studi serupa di seluruh Indonesia. Berdasarkan hal tersebut dapat dikatakan Pangan Tradisional Bali merupakan ciri khas dari Program Studi Teknologi Pangan Unud.

Mata kuliah yang memiliki kesan unik dan menarik ini diikuti oleh 8 Mahasiswa PMM dari berbagai Universitas di Indonesia antaranya 2 mahasiswa dari Universitas Sam Ratulangi dan masing-masing 1 mahasiswa dari Universitas Kahuripan Kediri, Universitas Hasanuddin, Universitas Malikussaleh, Universitas Madako, Universitas Jambi dan Universitas Tribhuwana Tungga Dewi.

Baca Juga :  Komang Teguh Ditawar Kuliah Gratis di ITB STIKOM Bali

Menariknya, pelaksanaan praktikum dari mata kuliah ini disambut dengan antusiasme yang besar oleh mahasiswa. Mata kuliah yang diikuti oleh Mahasiswa Angkatan 2022 dan 8 mahasiswa PMM Nasional ini menggelar praktikum di Laboratorium Pengolahan Pangan. Proses praktikum didampingi oleh dosen pengampu yaitu Prof. Dr. Ir. I Made Sugitha, M.Sc., I Putu Suparthana, S.P., M.Agr., PhD., dan Ibu Putu Julyantika Nica Dewi, S.TP., M.TP.

Pelaksanaan praktikum memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa untuk produksi beberapa pangan tradisional bali seperti Urutan Ayam, Sate Lilit Nangka dan Jaja Uli

Baca Juga :  Dukung Persiapan Masuki Dunia Kerja, Astra Motor Bali Hadiri Gelaran Job Fair SMK PGRI 2 Badung

Salah satu perwakilan dosen Putu Julyantika Nica Dewi, S.TP., M.TP. mengatakan praktikum yang dilaksanakan diharapkan memberikan pengalaman dan pemahaman mahasiswa dalam proses produksi beberapa pangan tradisional Bali.

“Selain itu diharapkan dengan adanya praktikum mahasiswa lebih memahami terkait pangan tradisional bali itu sendiri, menjaga dan melestarikan pangan tradisional bali dan juga nantinya diharapkan dapat mengembangkan pangan tradisional bali, sehingga diharapkan kegiatan praktikum dapat menunjang pembelajaran dalam mencapai CPL dan CPMK mata kuliah,” ujarnya. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News