Bela Negara
Pj Bupati Buleleng Sampaikan Arahan Presiden untuk Tingkatkan Kesadaran Bela Negara. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Pemerintah Kabupaten Buleleng bersama Forkompimda dan pimpinan perangkat daerah menyelenggarakan upacara peringkatan Hari Bela Negara ke-75 tahun 2023, di Halaman Kantor Bupati Buleleng, Selasa (19/12/2023). Upacara peringatan ini dihadiri jajaran ASN, Linmas, Pemuda Panca Marga, Menwa, Pramuka, dan Pecalang sebagai peserta. Sementara Penjabat (Pj) Bupati Buleleng, Ketut Lihadnyana bertindak sebagai inspektur upacara. Tahun ini peringatan Hari Bela Negara ke-75 dirancang dengan tema “Kobarkan Bela Negara untuk Indonesia Maju”.

Dalam upacara tersebut, inspektur upacara menyampaikan arahan Presiden Republik Indonesia. Secara umum disampaikan agar warga negara Indonesia memiliki semangat, kesadaran, dan kemampuan bela negara. Terutama dalam upaya menghadapi situasi yang semakin berkembang pesat dan kompleks di segala bidang.

Baca Juga :  Pj Bupati Buleleng Serahkan Bantuan Kelistrikan untuk Masyarakat Kurang Mampu

“Jadikan hari ini sebagai momentum bagi kita semua untuk semakin meningkatkan kesadaran, semangat, serta kewajiban dalam membela negara, membangun bangsa, dan mempertahankan kedaulatan NKRI yang kita cintai,” jelas Ketut Lihadnyana.

Kepada peserta upacara, Lihadnyana menyampaikan nilai-nilai dasar bela negara yaitu cinta tanah air; sadar berbangsa dan bernegara; setia pada Pancasila sebagai ideologi negara; rela berkorban untuk bangsa dan negara; dan kemampuan awal bela negara harus terus diimplementasikan dalam program pembinaan kesadaran bela negara baik di lingkungan pendidikan, pekerjaan, maupun lingkungan masyarakat pada umumnya.

Baca Juga :  Komisioner KASN Apresiasi ASN Pemkab Buleleng

“Pada peringatan Hari Bela Negara ke-75 ini saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menunaikan tugas dan tanggungjawab sesuai dengan peran dan profesi masing-masing untuk ikut serta dalam Bela Negara,” ajak Presiden RI Joko Widodo dalam arahan yang dibacakan Pj Bupati Lihadnyana.(adv/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News