KKN Unud
Mahasiswa KKN-T FISIP Unud Periode III Laksanakan Program Duta Pariwisata Batuan 2024. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, GIANYAR – Delapan pemuda dan pemudi Desa Batuan telah berhasil melaju ke babak final dalam ajang Pemilihan Duta Pariwisata Batuan 2024 yang diadakan oleh mahasiswa FISIP Universitas Udayana yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata-Terpadu (KKN-T) di desa tersebut.

Ke-empat pasangan finalis yang akan bersaing di babak Grand Final ini telah melalui serangkaian kegiatan yang disiapkan oleh panitia yang terdiri dari mahasiswa KKN-T FISIP bersama Karang Taruna desa Batuan. Sejumlah kegiatan seperti wawancara mendalam, pelatihan I dan II, presentasi, serta photoshoot telah dijalani oleh para finalis sebelum mencapai tahap akhir kompetisi.

Baca Juga :  Memimpin Langkah Menuju Kemajuan Bersama, Program KKN Mahasiswa Unmas Denpasar Kolaborasi dengan Warga di Desa Singapadu

Rangkaian pertama, pada 11 November 2023, melibatkan dua juri berpengalaman, Ni Luh Putu Intan Afsari (Duta Pariwisata Bali Intelegensia 2022) dan Dewa Made Raditya Permana Putra (Runner Up IV Duta Pariwisata 2023). Para finalis juga menjalani Pembekalan 1 dengan mentor ternama seperti Ida Ayu Alit Srilaksmi (Duta Bahasa Provinsi Bali 2023), Kadek Cintya Cahya Wirayani (Top 17 Miss Universe Bali 2023), dan Kadek Bagus Krishna Dwipayana (Duta Bahasa Provinsi Bali 2023).

Pada 19 November 2023, delapan finalis mempresentasikan potensi Desa Batuan dengan mengundang juri tamu Gede Adrian Maha Putra (Duta Inspirasi Indonesia) dan Chelsea Astini (Duta Pariwisata Bali Berbakat 2023). Sesi keempat, pelatihan II, berlangsung pada 26 November 2023, dengan melibatkan narasumber dari Dinas Pariwisata Provinsi Gianyar, Dinda Audreya Azhari Barenns (Juara I Duta Pariwisata Bali 2023), dan Ni Luh Putu Diah Desvi Arina (Miss Internet Indonesia 2019).

Baca Juga :  Kadis Made Astika Komitmen Bangun Pendidikan, Olahraga dan Kepemudaan Secara Merata di Buleleng

Seluruh rangkaian kegiatan dilaksanakan di Kantor Perbekel Desa Batuan dengan tujuan mendukung pengembangan potensi wisata desa. Program kerja ini dipilih sebagai tindakan terakhir oleh mahasiswa FISIP KKN-T untuk meninggalkan dampak positif di desa tersebut.

Desa Batuan, yang telah menjadi destinasi wisata populer, terus berupaya memanfaatkan perkembangan teknologi dengan melakukan promosi digital. Pemilihan Duta Pariwisata Batuan tidak hanya menjadi ajang kompetisi semata, namun juga sebagai upaya untuk memberdayakan generasi muda agar dapat berperan aktif dalam pengembangan pariwisata.

Baca Juga :  APBD Induk Tahun 2024, Pemkot Denpasar Prioritaskan Pembangunan Gedung di 11 Sekolah

Tahapan selanjutnya dalam Pemilihan Duta Pariwisata Batuan akan melibatkan sesi photoshoot pada 1 Desember 2023, dan rangkaian puncak akan digelar pada 10 Desember 2023. Para finalis akan bersaing untuk meraih gelar prestisius sebagai Duta Pariwisata Batuan 2024, sembari terus berkontribusi dalam memajukan pariwisata di Desa Batuan. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News